Isu Reshuffle Rabu Pon Muncul Lagi, Pengamat: Rotasi Besar Mungkin Sasar Nasdem

Menteri baru Jokowi dengan jaket biru
Sumber :
  • Dokumentasi

VIVA Politik - Isu reshuffle perombakan kabinet kembali mencuat akan dilakukan Presiden Jokowi pada Rabu Pon, 8 Maret 2023. Jika benar ada reshuffle, Jokowi diprediksi akan mencopot menteri asal Partai Nasdem.

Isu Demokrat Bakal Dapat Jatah 4 Menteri, Demokrat: Itu Rahasia Mas AHY dan Pak Prabowo

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia menganalisa bila ada reshuffle maka untuk kepentingan politik Jokowi menuju Pemilu 2024. Dia memprediksi reshuffle bisa menyasar para kader Nasdem yang saat ini duduk di pemerintahan.

Adapun saat ini ada tiga anak buah Surya Paloh yang berada di kabinet Indonesia Maju. Ketiga figur tersebut antara lain Menkominfo Johnny G Plate, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya.

135 Purnawirawan TNI-Polri Ajukan Amicus Curiae ke MK Terkait Sengketa Pilpres

"Rotasi besar itu paling mungkin menyasar kader Nasdem, tetapi jika tidak terjadi maka Nasdem sangat mungkin masih dalam kendali,” kata Dedi Kurnia kepada wartawan, Jakarta, Selasa, 7 Maret 2023.

Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK

Dedi menjelaskan ada dua faktor menteri dari Nasdem berpotensi di-reshuffle. Pertama, Nasdem berkoalisi dengan partai politik (parpol) yang selama ini berseberangan dengan pemerintah.

"Kedua, Jokowi sendiri banyak keluarkan statement yang terkesan anti Anies, (capres NasDem Anies Baswedan,” ujarnya.

Dedi mencatat, dalam sejumlah kesempatan, Jokowi lebih sering menyinggung pencapresan beberapa nama lain. Di antaranya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, hingga Ketum Golkar Airlangga Hartarto.

"Dia lebih sering sebut nama Prabowo, Ganjar, Erick Thohir hingga Airlangga Hartarto,” kata Dedi.

Jokowi dan para menteri

Photo :
  • Instagram

Santer diisukan Jokowi akan kembali melakukan reshuffle kabinet. Isu mencuat perombakan kabinet itu diumumkan pada Rabu pon, 8 Maret 2023. 

Sejumlah nama dispekulasikan kemungkinan ditendang dari kabinet jika reshuffle benar terjadi. Isu reshuffle kali ini karena terkait Zainudin Amali yang mundur dari posisi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Soal reshuffle itu, Jokowi juga sudah menyampaikan jawabannya. "Belum," kata Jokowi di Bandung, Jawa Barat, Senin, 6 Maret 2023.

Isu reshufle juga sempat heboh akan dilakukan Jokowi pada Rabu Pon, 1 Februari 2023. Namun, isu reshuffle itu tak terealisasi.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya