Politisi PDIP Ini Komitmen Tingkatkan Pelayanan Kesehatan dan Pendidikan di Brebes

Anggota DPR RI Fraksi PDIP, Paramitha Widya Kusuma
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Politik – Anggota DPR RI Fraksi PDIP, Paramitha Widya Kusuma, mengaku memiliki keinginan untuk memajukan daerah kelahirannya, yakni Brebes. Sosok yang akrab disapa Mitha itu menaruh perhatian khusus pada pelayanan kesehatan di Kabupaten Brebes yang saat ini masih jauh dari memadai. 

3 Tips Sukses bagi Generasi Muda, Panduan Lengkap untuk Meraih Profit Stabil

Mitha berkomitmen ingin meningkatkan dan memperjuangkan akses pelayanan kesehatan yang lebih baik untuk warga di Brebes, terutama yang tinggal daerah terpencil.

"Masih banyak warga yang kesulitan untuk mendapat pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau, terutama di daerah pedesaan. Saya ingin memastikan setiap masyarakat Brebes terlepas dari latar belakang dan lokasi tempat tinggal dapat akses yang sama dalam pelayanan kesehatan atau fasilitas pendidikan yang berkualitas," kata Mitha melalui keterangannya pada Rabu, 8 Maret 2023.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Pelayanan kesehatan keliling di salah satu desa di Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA/Aprionis

Kemudian, untuk masalah kebencanaan, Mitha mengaku telah mempersiapkan dengan sangat detail, seperti menyediakan alat-alat kesehatan antara ventilator bagi para penyintas COVID-19 di RSUD Brebes dan menyediakan perahu karet untuk membantu mengevakuasi saat terjadi bencana.

Kembali Mencuat, Golkar Tak Ingin Berandai-andai Soal Kabar Jokowi Gabung

Berikutnya, Mitha juga punya program bantuan perumahan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu agar memiliki hunian lebih layak yaitu Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Ada lebih dari 2.000 warga yang kini bisa memiliki rumah layak. 

Termasuk, program membangun jalan desa yang rusak, membangun pondok pesantren, rehabilitasi masjid dan musholla yang rusak serta menyediakan truk-truk sampah untuk mengurangi limbah. 

"Semua program ini tentunya bertujuan untuk membentuk ekosistem di masyarakat Brebes yang lebih baik," ujar Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Brebes ini.

Mitha juga membuat sumur bor untuk kebutuhan air minum di banyak desa Kabupaten Brebes dengan menggandeng Kementrian ESDM, pelatihan industri kecil menengah untuk kelompok UMKM dan beberapa program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat Brebes. Tentu, kata dia, upaya ini dilakukan untuk kemajuan daerah dan masyarakat di Brebes, Jawa Tengah.

"Menjadi bagian dari ikhtiar saya menjalankan dan mensukseskan program-program yang saya buat semata-mata untuk kemajuan dan kesuksesan masyarakat Brebes," ujarnya.

Namun, ia menyadari sebagai Anggota Dewan masih memiliki keterbatasan dalam menampung semua aspirasi karena begitu banyaknya persoalan dan begitu luasnya area kerja. Sehingga, harus ada skala prioritas yang menjadi landasan bekerja dalam membangun daerah sekaligus meningkatkan kapasitas keilmuan pengetahuan masyarakat. 

Makanya, Mitha tak sungkan untuk bertemu dan menyapa langsung masyarakat sembari melakukan kegiatan rutin seperti membagikan sembako bagi masyarakat kurang mampu, rutin melakukan santunan anak yatim dan kaum dhuafa serta membagikan hewan qurban di Hari Raya Idul Adha.

"Saya pelan-pelan mengurai dan menyelesaikan satu per satu yang menjadi problematika di masyarakat. Saya selalu mengkaji apa saja kendala dan mencari tahu kekurangan yang sangat dibutuhkan warga," ujar Mitha

Dia menambahkan, "Saya ingin, tidak ada lagi warga di dapil saya yang hidup kekurangan. Mungkin masih jauh dari harapan, saya berharap semoga saya bisa terus memberikan sesuatu yang terbaik untuk masyarakat luas, Brebes khususnya," ujar Mitha.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya