KIB Bukan Bukan Koalisi yang Sudah Final, Kata Elite PPP soal Golkar Dekati Gerindra dan PKB

Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani
Sumber :
  • VIVA/Ilham Rahmat

VIVA Politik – Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani buka suara soal manuver politik Partai Golkar yang mendekati Partai Gerindra dan nasib Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

PAN ke PPP: Akui Dulu Prabowo-Gibran Menang Pilpres Jika Mau Gabung Koalisi

Arsul menilai hal itu merupakan hal biasa karena sifat koalisi partai politik saat ini masih cair. Selain itu, KIB juga bukan koalisi yang yang tak dapat berubah.

"Yang namanya koalisi, apakah KIB atau Koalisi Kebangkitan [Indonesia] Raya (KKIR) atau Koalisi Perubahan itu bukan koalisi yang sudah final, jadi masih terbuka untuk bertambah atau berkurang," kata Arsul kepada wartawan di Astor Ballroom, Jakarta Selatan, Senin, 13 Maret 2023.

Sama-sama dari Luar Kota, Anies-Cak Imin Baru Silaturahmi Lebaran di H+6 Idul Fitri

Koalisi Indonesia Bersatu KIB

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Masih terbuka nanti satu dari koalisi satu berpindah ke koalisi lain, masih ada kemungkinan," katanya.

Ganjar Tak Masalah Ketum PPP Hadir Silaturahmi dengan Kubu 02

Arsul menganggap terlalu dini jika memprediksi KIB bubar atau berubah formasi karena ada partai anggota yang bergabung atau ada partai yang keluar.

"Tetapi juga terlalu prematur untuk memprediksi bahwa katakanlah pertambahan atau berkurang terjadi pada yang sudah berkoalisi. Maksud saya, misal, kok PPP mau pindah ke koalisi lain itu masih terlalu prematur. Karena apa? Karena kita belum bicara soal siapa capres dan cawapres," kata Arsul.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebelumnya mengatakan KKIR terus melakukan komunikasi intensif dengan Partai Golkar. Bahkan, menurut Cak Imin, Partai Golkar sudah sangat dekat dengan KKIR bentukan Gerindra-PKB.

Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

Photo :
  • Twitter @cakimiNOW

“Kami saling komunikasi intensif dengan Golkar, sudah sangat dekat, artinya PKB, Golkar Gerindra makin dekat. Tapi kedekatan ini menjadi poin untuk menguatkan koalisi PKB-Gerindra,” kata Cak Imin di sela-sela acara lomba lari Women’s Day Run 10K di Jakarta, Minggu, 12 Maret 2023.

Cak Imin sudah bertemu dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto di Istora Senayan, Jakarta, Minggu, 10 Februari 2023.

Dalam pertemuan itu, Cak Imin maupun Airlangga sama-sama membuka peluang untuk berkoalisi baik PKB bergabung KIB bentukan Golkar, PAN dan PPP atau sebaliknya Golkar bergabung koalisi KIR bentukan Gerindra-PKB. Bahkan terbuka kemungkinan KIB dan KIR melebur menjadi satu koalisi besar.

Cak Imin juga menjelaskan alasan koalisi KIR belum mengumumkan pasangan capres dan cawapres yang akan diusung di Pilpres 2024. Menurut Cak Imin, koalisi Gerindra-PKB belum mendeklarasikan pasangan capres-cawapres karena masih membutuhkan tambahan partai lain untuk menambah kekuatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya