Golkar Setor 3 Nama Kader Pengganti Zainuddin Amali ke Jokowi

Ketua Umum DPP Golkar Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik - Partai Golkar sudah menyiapkan sejumlah nama kadernya yang diproyeksikan menggantikan Zainuddin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Kabarnya, ada tiga nama yang sudah disetor Golkar ke Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Respons Keraguan Pentolan Projo, Gibran Optimis Peluang Jokowi-Megawati Bertemu

Ketua Umum DPP Golkar, Airlangga Hartarto menyampaikan figur pengganti Amali yang sudah mengajukan mundur dari Menpora merupakan hak prerogratif Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia mengatakan lebih baik menunggu pengumuman dari Jokowi.

“Ya tergantung, kita tunggu saja dari Pak Presiden,” kata Airlangga di Kantor DPP Golkar, Senin, 13 Maret 2023.

Setelah Jokowi, Menlu China Wang Yi Temui Prabowo Subianto

Menpora RI Zainudin Amali di Istana Kepresidenan

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Pun, Airlangga mengaku sudah berkomunikasi dengan Amali untuk sosok yang menggantikan posisi yang ditinggalkannya itu. "Komunikasi (Zainuddin Amali) setiap hari,” ujarnya.

Terima Menlu China di Istana, Jokowi Bahas IKN hingga Kereta Cepat Sambung Surabaya

Sementara, Sekretaris Jenderal DPP Golkar, Lodewijk Freidrich Paulus mengatakan Ketua Umum Airlangga sudah menyerahkan nama kader pengganti Amali. Namun, ia tidak mengungkap siapa saja nama yang diusulkan tersebut.

“Setahu saya udah kali ya, itu kan ketua umum langsung. Ya pasti kira-kira Pak Airlangga nyetor 3 lah nama. Mungkin 3 dipilih Presiden mau yang mana,” lanjut Lodewijk.

Untuk diketahui, politikus Golkar, Zainuddin Amali sudah mengajukan surat permohonan pengunduran diri dari jabatan Menpora. Surat permohonan itu diajukan kepada Menteri Sekretaris Negara, Pratikno di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat pada Kamis, 9 Maret 2023.

“Saya baru saja ketemu dengan Pak Mensesneg. Saya menyampaikan surat permohonan pengunduran diri saya dari posisi sebagai Menpora,” kata Amali di Kementerian Sekretariat Negara.

Amali saat itu mengatakan, akan segera menghadap Presiden Jokowi. 

“Memang saya harus bertemu Bapak Presiden. Cuma karena sekarang beliau tidak ada, maka kemungkinan saya dijadwalkan hari Senin bertemu dengan beliau,” ujar Amali.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya