Pengunduran Diri Zainudin Amali Tidak jadi Pembahasan di Kabinet Jokowi

Ilustrasi jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA Politik – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Abdullah Azwar Anas, mengaku para menteri di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 tidak pernah ada perbincangan mengenai pengunduran diri Zainudin Amali sebagai Menpora. Apalagi mengenai siapa penggantinya.

Jokowi Didampingi 2 Menteri dari PDIP ke BSD, Hadiri Acara Ini

“Saya tentu tidak kompeten menjawab ini. Enggak ada sih (kabinet ramai soal pengganti Zainudin Amali). Kalau rapat kabinet, enggak bicara itu. Pas kabinet bahasnya program,” kata Azwar Anas di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Selasa, 14 Maret 2023.

Sebelumnya diberitakan, Zainuddin Amali telah mengajukan surat permohonan pengunduran diri dari jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) kepada Menteri Sekretaris Negara, Pratikno di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat pada Kamis, 9 Maret 2023.

Matahari Putra Prima Ditinggal Resign 3 Bosnya, Ada Apa?

“Saya baru saja ketemu dengan Pak Mensesneg. Saya menyampaikan surat permohonan pengunduran diri saya dari posisi sebagai Menpora,” kata Amali di Kementerian Sekretariat Negara.

Pada Senin 13 Maret 2023, Amali telah bertemu dengan Presiden Joko Widodo tentang surat pengunduran dirinya itu. Kepala Negara menerima pengunduran diri itu. Untuk gantinya, Presiden masih menunjuk Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sebagai Pelaksana tugas atau Plt Menpora.

Kantongi Surat Tugas Maju Pilgub, Bobby Nasution: Tak Perlu Daftar Lagi ke Golkar Sumut

Sementara Partai Golkar sudah menyiapkan sejumlah nama pengganti Zainuddin Amali, yang mundur dari jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Kabarnya, ada 3 nama yang sudah diajukan Partai Golkar untuk pengganti Amali di kursi Menteri Kabinet Indonesia Maju itu.

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengatakan pengganti Zainuddin Amali yang mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga, tentu merupakan hak prerogratif Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Ya tergantung, kita tunggu saja dari Pak Presiden,” kata Airlangga di Kantor DPP Partai Golkar pada Senin, 13 Maret 2023.

Sedangkan, Airlangga yang merupakan Menteri Koordinator Perekonomian ini mengaku sudah berkomunikasi dengan Zainuddin Amali untuk sosok yang menggantikan posisi yang ditinggalkannya itu. “Komunikasi (Zainuddin Amali) setiap hari,” ujarnya.

Sementara Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Lodewijk Freidrich Paulus menyebut Ketua Umum Airlangga sudah menyerahkan nama calon pengganti Zainuddin Amali yang mundur dari Menteri Pemuda dan Olahraga. Namun, ia tidak mengungkap siapa saja nama yang diusulkan itu.

“Setahu saya sudah kali ya, kan ketua umum langsung. Ya pasti kira-kira Pak Airlangga nyetor 3 lah nama. Mungkin 3 dipilih Presiden mau yang mana,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya