Pertemuan Surya Paloh-Luhut Tepis Isu Nasdem Rongrong Pemerintah, Kata Jubir Anies Baswedan

Hendri Satrio, Rilis Hasil Survei KedaiKOPI Terkait Capres 2024
Sumber :

VIVA Politik – Juru Bicara Anies Baswedan, Hendri Satrio, merespons pertemuan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Nasdem Tower, Jakarta, Selasa, 14 Maret 2023.

Gibran: Terima Kasih Pak Ganjar dan Pak Anies

Pertemuan itu, katanya, menunjukkan bahwa Nasdem tetap berada di koalisi pendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Itu kan gambaran yang ingin ditampilkan oleh Surya Paloh dan Luhut Binsar Panjaitan ingin mempertontonkan, menunjukkan, bahwa hubungan itu tetap harmonis," ujar Hendri dalam acara diskusi Survei KedaiKopi, Jakarta, Rabu, 15 Maret 2023.

Dedi Mulyadi Tegaskan Prabowo-Gibran Menang Bukan karena Bansos: Semoga No Debat!

Menko Marives Luhut Binsar Pandjaitan.

Photo :
  • Anisa Aulia/VIVA.

Menurutnya, banyak pihak yang khawatir jika Nasdem akan keluar atau mengusik koalisi pemerintah karena membentuk Koalisi Perubahan. Parpol anggota Koalisi Perubahan terdiri dari Nasdem dan dua partai oposisi pemerintah, Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Zulhas Serukan Semua Pihak Terima Putusan MK: Pemilu Sudah Kita Lalui Secara Damai

"Sehingga pada saat ada isu-isu, ‘Wah, Nasdem akan merongrong dari pemerintahan', dan lain-lain, itu tidak terjadi," kata Hendri.

Dia menjelaskan pertemuan Luhut dan Paloh dapat menjadi gambaran bahwa kompetisi politik dapat dilakukan secara damai, penuh semangat persahabatan dan riang gembira.

Luhut Binsar Panjaitan mendatangi Nasdem Tower di Gondangdia, Jakarta, Selasa, 14 Maret 2023. Luhut dan Paloh bertemu sambil makan siang bersama.

Nasdem saat deklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal capres 2024.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dalam foto-foto yang beredar, Luhut disambut langsung oleh Surya Paloh dan beberapa elite Nasdem. Ada pula foto yang menampakan Luhut dan Surya Paloh kompak berkemeja putih tengah duduk berhadapan di meja makan.

Dikonfirmasi wartawan, Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik Partai Nasdem Charles Meikyansah membenarkan informasi kegiatan tersebut. Namun dia mengatakan kehadiran Luhut di Nasdem Tower merupakan silaturahmi biasa meski membicarakan "masalah kebangsaan, menjaga keutuhan NKRI".

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya