Prabowo Kalah Vote di Musra Sumut, Relawan: Kami Tolak, Jauh dari Realita

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat di KPU.
Sumber :
  • Twitter Partai Gerindra @Gerindra

VIVA Politik - Musyawarah Rakyat (Musra) XVIII relawan Jokowi di Medan menempatkan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto sebagai bakal capres yang terbanyak dipilih. Dari hasil vote elektronik itu, Airlangga mengalahkan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

Musra XVIII digelar di Selecta Convention Hall Jalan Listrik Medan, Sabtu, 11 Maret 2023. Pun, hasilnya diumumkan pada Rabu hari ini, 15 Maret 2023.

Sejumlah relawan yang jadi peserta pun kecewa dengan hasil tersebut yang dianggap tak sesuai perkiraan. Nama Prabowo tak menempati posisi teratas dalam hasil vote elektronik Musra Sumut yang diumumkan panitia. 

Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo-Gibran: Mau Gak Mau Harus Terima, Tapi...

"Kami menolak hasil vote yang diumumkan panitia. Ini jelas jauh dari realita saat Musra kemarin," kata Ketua Relawan Almisbat Sumut, Zulkarnain, dalam keterangannya.

Presiden Jokowi menghadiri Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia di Bandung

Photo :
  • Istimewa
Surya Paloh Temui Prabowo di Kertanegara, Nasdem Jadi Gabung Koalisi?
 

Dia menyampaikan alasan keberatan karena saat perhelatan Musra jelas terlihat sebagian besar peserta berpihak terhadap Prabowo. Menurut dia, figur Menteri Pertahanan itu paling banyak disebut dan diteriaki peserta Musra. 

"Kenyataannya Prabowo kalah vote. Kami menilai ada permainan dalam hasil vote yang diumumkan," tutur Zulkarnain. 

Pun, dia menduga panitia telah bersikap tidak fair dalam proses vote. "Karena realitanya Prabowo yang paling banyak dipilih," ujarnya. 

Sementara, Ketua Relawan Buruh Sahabat Jokowi Sumut, TM Yusuf juga heran dengan hasil yang diumumkan panitia. Dia mengatakan pihaknya menolak hasil vote tersebut. 

Yusuf protes karena hasil vote elektronik tidak sesuai fakta di arena Musra.

"Kami yang hadir di Musra Sumut tahu bahwa pilihan jatuh pada sosok Prabowo Subianto," katanya. 

Namun, ia terkejut saat panitia mengumumkan nama lain bukan Prabowo sebagai pemenang. "Sementara panitia mengumumkan hasil vote pemenangnya nama lain. Jelas, kami tolak!," ujar Yusuf. 

Dalam Musra XVIII diikuti 17 Relawan Nasional Jokowi. Mereka lakukan vote untuk menentukan bakal calon presiden (Capres) yang akan direkomendasikan. 

Peserta Musra Sumut antara lain Relawan Buruh Sahabat Jokowi, Projo, Sekber Jokowi Nusantara, Almisbat, Seknas Jokowi, Bara JP, Duta Jokowi, Gapura, Kornas Jokowi, KIB, Indek, RPJB, serta Jaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya