Ridwan Kamil Pasrahkan Karier Politiknya pada Takdir meski Punya Jatah Jadi Gubernur Jabar

Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Politik – Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil mengatakan kriteria untuk calon wakil gubernur Jawa Barat, yang akan menjadi pendamping dirinya di Pilkada Jawa Barat 2024, ditentukan atau tergantung koalisi partai politik yang mengusung.
 
"Kalau tadi nanya kriteria wakil (gubernur) gimana koalisi, karena perjodohan politik tidak selalu sesuai dengan yang diharapkan oleh pasangannya," kata Gubernur Ridwan Kamil, di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis, 16 Maret 2023.
 
Ridwan Kamil sebelumnya menuturkan peluang politik masa depan yang cukup pasti bagi dirinya adalah berlaga pada Pilkada Jawa Barat 2024.

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil saat memberikan keterangan kepada wartawan di kantor pusat Partai Golkar, Jakarta, Senin, 13 Maret 2023.

Photo :
  • ANTARA

Jasad Nenek dan Cucu Korban Longsor di Bandung Barat Ditemukan Saling Berpelukan
 
Petinggi Gerindra: Kemungkinan Pengajuan Hak Angket DPR Hanya 3 Persen
"Gini, saya ulangi lagi ya, takdir ke mana saya tidak tahu, yang pasti pasti lebih baik dirawat, yang pasti-pasti itu adalah hak saya menjadi gubernur Jawa Barat periode kedua. Hasil survei kan bagus, kepuasan publik itu 81 persen dari survei terakhir, jadi menurut saya rasional," kata dia.

 
Menurut Ridwan Kamil, penentuan pasangan kepala daerah yang berlaga di sebuah kontestasi politik seperti Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, "dikawinkan" oleh koalisi partai politik.
 
Begitu juga apakah dia akan berpasangan kembali dengan Uu Ruzhanul Ulun di Pilkada Jawa Barat 2024, Ridwan Kamil menyatakan belum bisa berpendapat lebih jauh.
 
"Apakah dengan Pak Uu lagi, ya, kalau koalisinya nyambung, kemungkinan itu ada; kalau tidak ada, ya, saya juga tidak tahu. Jadi, kira-kira itu," kata dia.

Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto Ketemu

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

 
Ridwan Kamil mengatakan sebagai kader Partai Golkar, dia menghargai keputusan partai berlambang pohon beringi yang mengusung Airlangga Hartarto untuk Pilpres 2024.
 
Sementara ini ia fokus di Pilgub Jawa Barat 2024 dahulu, termasuk dirinya menyerahkan peluang mencalonkan diri di DKI Jakarta kepada partainya.
 
"Jadi, kalau urusan Pilpres adalah mendukung Pak Ketum Partai Golkar Airlangga, sebagai capres. Saya fokus pada yang pasti, di depan mata, yaitu Gubernur Jawa Barat--kalaupun saya berkeinginan di periode kedua kan begitu. Kalau di DKI surveinya bagus, tapi keputusan dari partai," katanya.
Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN

Pengamat politik yang merupakan Peneliti Utama BRIN menyebut upaya Prabowo Subianto untuk merangkul parpol lain non-pendukungnya, sesuai dengan janji kampanyenya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024