Pertamina Minta Dukungan DPR untuk Segera Bangun Buffer Zone di 9 Depo

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati memberikan arahan saat acara Sosialisasi & Penandatanganan Pathway Pertamina Net Zero Emission (NZE) Road Map 2022-2060 yang diselenggarakan di Gedung Grha Pertamina, Jakarta pada (6/10/2022).
Sumber :

VIVA Politik – Direktur Utama PT Pertamina (persero) Nicke Widyawati mengaku khawatir kebakaran yang terjadi di Depo Pertamina di Plumpang, Jakarta, beberapa waktu lalu, bisa berimbas ke daerah-daerah lain. Karena itu, kata Nicke, Pertamina langsung berusaha menyiapkan sejumlah langkah ketika insiden kebakaran itu terjadi.
 
"Yang pertama, yang kami lakukan saat kejadian, bagaimana kami bisa menjamin pasokan BBM, karena kalau sampai ini terjadi, mengganggu pasokan BBM dan terjadi kelangkaan di beberapa daerah. Apalagi Jabodetabek dan Banten, tentu ini masalahnya meluas ke mana-mana," kata Nicke dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi VII DPR di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 16 Maret 2023.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Nicke menjelaskan, Pertamina saat itu langsung menyetop proses suplai BBM menggunakan pipa dari Kilang Balongan, kemudian proses suplai dialihkan dengan pengiriman dari laut.

Foto Udara Terkini Usai Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

Selain itu, kata Nicke, Pertamina juga menambah jumlah mobil tangki demi mencegah terjadinya kelangkaan pasokan BBM di berbagai SPBU.

Peran Presiden Salurkan Bansos, Lembaga Kepresidenan Masuk Kajian Revisi UU Pemilu

"Tentu ini tidak mudah. Kami merelokasi melakukan arrangement tapi ini kami lakukan untuk menjaga pasokan BBM. Kami juga kemudian menambah tambahan mobil tangki. Jadi dari Kilang Cilacap sampai dengan Cikampek, kemudian Padalarang, kemudian dikirim pakai mobil. Jadi semua opsi-opsi yang kami sebutkan adalah alternatif dan emergency situation ini kami jalankan," kata Nicke.

Alhasil, saat dan setelah insiden kebakaran seperti di Depo Plumpang beberapa waktu lalu, kata Nicke, tidak terjadi kelangkaan BBM. 

"Alhamdulillah tidak terjadi kelangkaan pasokan setelah kejadian tersebut. Kami pun memonitor dari CCTV di command center, kondisi antrean dan juga stok di SPBU, alhamdulillah, masyarakat juga bisa teryakinkan bahwa tidak terjadi masalah pasokan sehingga tidak panic buying," ujarnya.

Foto Udara Terkini Usai Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Karena itu, Nicke meminta dukungan dari para legislator untuk turut mencegah insiden serupa kembali terjadi. Sebab, sejauh ini masih ada 9 terminal BBM lain yang lokasinya berdekatan dengan permukiman warga.

"Kami menunggu masukan dari bapak ibu, tentunya, khususnya kami memohon support. Karena, kondisi yang seperti Plumpang ini, kalau TBBM ini ada 9 lagi, yang berdekatan dengan warga, jadi kami harus lakukan," kata Nicke.

Dalam kesempatam sama, Nicke juga meminta DPR mendukung agar buffer zone dari 9 depo Pertamina itu dapat segera dilakukan. 

“Jadi, bapak ibu semua, yang tentu memiliki dapil. Jadi, jika dapilnya ada fasilitas yang bisa membahayakan masyarakat, mari kita saling bahu-membahu untuk kemudian mendorong pembangunan buffer zone segara mungkin, agar masyarakat sekitar ini bisa terselamatkan dari risiko-risiko yang harusnya tidak terjadi," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya