Fraksi PAN: Kalau Formula E Pakai Dana APBD Kami Tolak

Balap Formula E Jakarta
Sumber :
  • Dok: FIA Formula E

VIVA Politik – Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (PAN) Zita Anjani mengaku tak mempermasalahkan jika ajang balap mobil listrik Formula E Jakarta 2024 digelar dengan konsep street circuit di Jalan Sudirman dan Medan Merdeka Selatan.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Namun, Zita dengan tegas menolak Formula E Jakarta 2024 yang direncanakan akan digelar berkonsep street circuit di Jalan Sudirman dan Medan Merdeka Selatan apabila menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta.

"Kalau saya pribadi, Fraksi PAN, kalau di dua lokasi yang kemarin, budget (anggaran) non-APBD oke saja, tapi kalau budget APBD kami tolak," ujar Zita kepada wartawan, Kamis, 16 Maret 2023.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Balap Formula E Jakarta

Photo :
  • Dok: FIA Formula E

Penentuan lokasi pagelaran ajang Formula E tersebut, katanya, pasti sudah didiskusikan oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Maka ia menilai keputusan tersebut sudah direncanakan dengan matang.

Yandri Klaim Seluruh DPW dan DPD PAN Ingin Zulhas Kembali Ketua Umum

"Pak Pj kan pasti berkomunikasi dengan Pak Presiden. Kalau ranah itu kita serahkan ke Pak Pj. Tapi kalau dari DPRD DKI Jakarta, kalau anggarannya itu dari APBD, kita tidak support. Tapi kalau anggaran jual tiket, atau swasta, atau CSR, yang jelas sesuai ketentuan, oke saja, enggak masalah," tutur Zita.

Ketua Steering Committee (SC) Formula E 2023 Bambang Soesatyo mengatakan, ajang balap mobil listrik pada 2024 tak lagi digelar di sirkuit Ancol, Jakarta Utara. Rencananya, Formula E 2024 bakal diselenggarakan di jalanan ibu kota.

Hal tersebut, kata Bamsoet, sapaan Bambang Soesatyo, sudah didiskusikan dengan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat menyambangi Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 14 Maret 2023.

Balap Formula E Jakarta

Photo :
  • Dok: FIA Formula E

"2024 kita kemungkinan besar tadi kita sudah bicara dengan Alberto dan Gubernur, kita tidak lagi di sirkuit Ancol. Tetapi, kita street circuit dalam kota. Nah, ini lebih menarik," kata Bamsoet kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta.

Ketua Organizing Committee (OC) Formula E 2023 Ananda Mikola mengatakan Jalan Sudirman menjadi lokasi paling potensial untuk ajang balap mobil listrik mendatang. 

Kendati demikian, Ananda tidak mengungkap secara gamblang tentang pembahasan rute potensial untuk Formula E 2024 itu. Ia hanya mengatakan bahwa rute Formula E 2024 masih didiskusikan lebih lanjut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya