Cak Imin Ancam Pisah dengan Prabowo, PKB: Kami Komit, Tak Pernah Mbalelo

Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto.
Sumber :
  • Twitter @cakimiNOW

VIVA Politik - Elite Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengklaim selalu mengedepankan loyalitas dan komitmen terhadap sebuah kesepakatan. Hal itu termasuk terkait Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) yang dibangun antara PKB dengan Gerindra.

Prabowo Dapat Ucapan Selamat dari Menlu Singapura Atas Kemenangan di Pilpres 2024

Wakil Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB Maman Imanulhaq  menyampaikan PKB akan memegang komitmen KKIR. Komitmen itu antara lain mengenai penentuan capres dan cawapres diserahkan kepada Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. 

Maman mengatakan demikian karena muncul omongan Cak Imin yang ditafsirkan mengancam KKIR bisa bubar jika Prabowo menggandeng Ganjar Pranowo sebagai cawapres. 

Ahmad Ali Temui Prabowo, Sekjen Nasdem: Bagian dari Silaturahmi, Pak Prabowo Pernah ke Sini

“PKB itu terkenal menjadi partai yang kalau dia masuk kekuasaan dia akan loyal. Tidak pernah mbalelo. Begitu pula ketika kita komitmen dengan Gerindra maka kita terus akan membicarakan itu dengan Gerindra,” kata Maman, Jumat, 17 Maret 2023.

Cak Imin dan Prabowo saat menghadiri pendaftaran partai di KPU

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari
Respons Surya Paloh Soal Waketum Nasdem Sambangi Rumah Prabowo Subianto Malam Ini

Pun, dia bilang PKB juga tak pernah melakukan pertemuan apapun dengan partai lain dalam rangka mengambil kesepakatan tanpa memberitahu Gerindra selaku mitra koalisi.

Menurut dia, soal wacana yang dilempar Wakil Ketua Dewan Pembina Hashim Djojohadikusumo maka perlu dikomunikasikan dengan baik-baik.

“Kalau itu terjadi ternyata ada wacana lain, seperti yang dikatakan oleh Hashim Djojohadikusumo maka kita tentu akan baik-baik bertanya kepada Gerindra," jelas Maman.

Dia bilang PKB sebagai parpol yang independen akan cari jalan terbaik untuk tetap memiliki calon pemimpin nasional.

"Dan, tentu PKB sebagai partai yang independen besar akan mencari jalan yang terbaik untuk tetap memiliki calon pemimpin nasional,” ujarnya.

Sebelumnya, Cak Imin menyampaikan KKIR yang digagas PKB dan Gerindra bakal bubar. Cak Imin bilang demikian jika Prabowo punya skenario menggaet Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai cawapres di Pilpres 2024.

"Ya berarti koalisinya bubar dong," kata Cak Imin di Kantor DPP PKB, Jakarta, Kamis kemarin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya