Politikus Gerindra Tuntut Sikap Tegas Sandiaga Uno: Kalau Mau Keluar, Keluar Sekalian

Anggota Komisi XI DPR RI Kamrussamad
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Politik – Politikus Partai Gerindra Kamrussamad menuntut ketegasan sikap Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno tentang komitmennya di partai itu menyusul sejumlah rumor rencana kepindahannya ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Soal PKB Gabung di Pemerintahan Prabowo, Cak Imin: Sudah Cethowelo-welo, Jelas Terpampang

Dia berharap Sandiaga tegas menentukan jalan politik, terutama memilih bertahan di Gerindra atau pindah ke partai politik lain.

"Sebagai seorang tokoh harusnya beliau punya sikap: kalau mau keluar, keluar sekalian; kalau mau stay, berjuang tertib dengan Pak Prabowo, tertib sekalian," kata Kamrussamad, Jumat, 17 Maret 2023.

Gerindra Pastikan Prabowo Tak Bicara Kursi Menteri saat Bertemu Surya Paloh

Sufmi Dasco Ahmad dan Sandiaga Uno hadiri konsolidasi Partai Gerindra di Sultra.

Photo :
  • Istimewa

Sandiaga kembali dikabarkan bakal berlabuh ke PPP namun dia membantah akan meninggalkan Partai Gerindra. Kamrussamad mengingatkan supaya Sandiaga untuk mengambil sikap yang tegas agar tidak memberikan harapan pada PPP atau membuat kader Gerindra kebingungan.

Parpol Anggota KIM Tak Perlu Risau dengan Pertemuan Prabowo-Cak Imin, Kata Elite PKB

"Di dalam politik ini enggak boleh grey area, karena publik sudah bisa melihat sendiri sikap kita," kata Anggota Komisi XI DPR itu.

PPP memberi isyarat kuat tentang rencana kepindahan Sandiaga Uno ke partai berlambang Ka'bah tersebut dari Partai Gerindra. Sekarang memang dalam tahap penjajakan tetapi PPP telah bersiap untuk menyambut dan menggelarkan 'karpet merah' untuk sang mantan wakil gubernur DKI Jakarta. 

Dalam wawancara eksklusif dengan VIVA pada program The Interview di Jakarta, 11 Januari 2023, Pelaksana Tugas Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono tak memungkiri rumor politik bahwa Sandiaga Uno akan bergabung dengan partai tersebut.

Muhamad Mardiono Plt Ketua Umum PPP

Photo :
  • VIVA/Rosikin

Mardiono mula-mula menceritakan hubungan baik PPP dengan Sandiaga Uno akhir-akhir ini setelah Sandiaga kerap menghadiri undangan kegiatan partai tersebut. PPP mengundang banyak tokoh politik, katanya, tetapi "memang beliau yang kalau diundang sering hadir".

PPP, katanya, tentu masih menghormati status Sandiaga Uno sebagai kader dan bahkan menjabat Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra. PPP tidak akan merebut paksa Sandiaga dari partai yang mengkader dan membesarkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu.

PPP memang berhasrat untuk menghadirkan Sandiaga Uno sebagai tokoh muda calon pemimpin bangsa, entah sebagai calon presiden maupun calon wakil presiden, kata Mardiono. PPP menghormati status Sandiaga sebagai kader Gerindra dan, karena itu, tidak akan berupaya untuk mencomotnya dari partai yang mendidik dan membesarkannya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno datang dan menghadiri peringatan Hari Lahir ke-50 Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Stadion Kridosono, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu, 8 Januari 2023.

Photo :
  • VIVA/Cahyo Edi

PPP, sebagaimana partai lain, Mardiono menekankan, memosisikan diri sebagai semacam sasana tinju atau kawah candradimuka bagi figur-figur potensial calon pemimpin bangsa. Tidak ada yang salah, katanya, dalam konteks mempromosikan kader partai lain sebagai calon pemimpin yang kapasitas dan integritasnya tak diragukan lagi.

"Saya akan tegaskan dulu di sini bahwa Partai Persatuan bangunan, atau saya, sebagai Plt Ketua Umum, saya tidak dalam konteks untuk mencabut tanaman di halaman orang lain, tanaman yang ditanam di lahan orang lain," katanya.

"Beliau (Sandiaga Uno) saya hormati bahwa beliau masih kader Gerindra; hubungan kerja sama partai politik satu dengan yang lain itu sudah menjadi keniscayaan; (seperti halnya) banyak kader Partai Persatuan Pembangunan, banyak kader Partai Gerindra di daerah-daerah, yang kita saling bersama-sama untuk mencalonkan tokoh-tokoh daerah itu," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya