Sekjen PAN Ragukan Kinerja Lembaga Survei yang Selalu Salah Prediksi Elektabilitas Partainya

Sekjen PAN Eddy Soeparno.
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito.

VIVA Politik – Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mempertanyakan kinerja sejumlah lembaga survei di Indonesia karena banyak hasil riset mereka terutama tentang PAN sering tak akurat.

Sekjen Gerindra Sebut Syarat Utama Bakal Calon Menteri Kabinet Prabowo-Gibran 

"Kami justru mempertanyakan metodologi, sampling (penetapan sampel penelitian), dan cara kerja sejumlah lembaga survei yang secara konsisten dari pemilu ke pemilu selalu salah dan keliru memprediksi elektabilitas PAN dan selalu mengatakan PAN tidak lolos dari parliamentary threshold (PT)," katanya di Jakarta, Senin, 20 Maret 2023.

Eddy menegaskan PAN tak mau membuat hal ini menjadi polemik. Dia yakin lembaga survei memiliki cara kerjanya masing-masing dalam menentukan hasil survei.

Survei LSI: Mayoritas Rakyat Percaya Kejagung Bakal Usut Tuntas Kasus Korupsi Rp 271 T

"Tapi tidak apa-apa, masing-masing lembaga survei memiliki metodologi sendiri dalam melaksanakan survei, memiliki cara sendiri, ada yang kemudian secara akurat bisa memprediksi hasil elektabilitas, hasil PAN pada pemilu yang lalu, dan pemilu sebelumnya," ujarnya.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Kendati begitu, menurut Eddy, PAN menyayangkan ada beberapa lembaga survei yang konsisten merilis hasil surveinya keliru terutama atas elektabilitas PAN.

Dua siswa Sekolah Menengah Atas memperhatikan gambar partai politik peserta pemilu 2019 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, Bandung, beberapa waktu lalu (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Eddy memastikan PAN bakal tetap bekerja keras dengan berbagai instrumen yang dimiliki internal. Partai itu akan menggandeng lembaga survei yang profesional dan hasil surveinya tidak jauh dari hasil aktualnya. "Itulah akan kami jadikan mitra untuk memberikan bantuan dukungan navigasi di dalam pemilu yang akan datang," katanya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya