Bamusi PDIP Ingin Pemilu 2024 Damai, Tak Ada Pengkafiran Diantara Sesama

Ketua Umum Bamusi dan Ketua DPP PDIP, Hamka Haq
Sumber :
  • VIVA/ Rahmat Fatahillah Ilham

VIVA Politik – Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) PDIP, menggelar simposium nasional bertajuk Kedamaian Berbangsa Menuju Pemilu 2024 Tanpa Politisasi Agama.

TKN Imbau Pendukung Prabowo-Gibran Tak Gelar Aksi Saat Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Perwakilan tokoh agama ikut hadir, dalam acara yang digelar di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Selasa 21 Maret 2023. Acara itu juga dihadiri oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri secara virtual, dan Menkopolhukam Mahfud MD.

Ketua DPP PDIP Bidang Keagamaan dan Kepercayaan, Hamka Haq, mengatakan bahwa hadirnya para tokoh agama dan kepercayaan dalam Simposium Nasional ini karena kesadaran sebagai satu bangsa, yang bersaudara yakni bangsa Indonesia.

Pemilu di AS dan Eropa Diprediksi akan Pengaruhi Iklim Investasi Indonesia

"Kita betul-betul hadir dalam rasa persaudaraan tanpa diskriminatif dan tanpa pengkafiran diantara kita semua. Itu lah kedamaian dan keharmonisan bangsa Indonesia," ujar Hamka, yang juga Ketua Umum Bamusi PDIP, Selasa 21 Maret 2023.

Hamka menambahkan, bahwa kenikmatan persaudaraan yang terjadi di Indonesia tidak bisa dijumpai di negara-negara lain. Terlebih, sekarang masih bergejolak peperangan baik dalam satu kawasan maupun global. Seperti antara Rusia dengan Ukraina.

MK Kirim Surat ke Pihak Anies dan Ganjar untuk Hadiri Sidang Putusan Sengketa Pilpres 2024

"Tetapi di Indonesia dengan beragam agama sekian ratus kepercayaan yang mendiami lebih dari 1700 pulau, ratusan bahasa dan menganut berbagai budaya, alhamdulilah kita rukun dan damai di negeri nusantara ini," kata Hamka.

"Oleh karena itu kami memperkuat ajakan, marilah kita umat beragama dan aliran kepercayaan apapaun untuk bersama-sama melestarikan kenikmatan, meneruskan tradisi persuadaraan kebangsaan ini dengan menghayati dan mengamalkan secara benar agama kita masing-masing," ujarnya menambahkan.

Adapun perwakilan tokoh agama yang hadir antara lain Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf, Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. KH. Haedar Nashir, Ketua Presidium Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, O.S.C. dan Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Pdt. Gomar Gultom.

Lalu, Ketua Umum Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI) Dra. Siti Hartati Murdaya, Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya dan Ketua Umum Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (MATAKIN) WS Budi Santoso Tanuwibowo.

Kemudian, Tokoh Lintas Agama Prof. Dr. H. Alwi Abdurrahman Shihab dan Akademisi Prof. Dr. Hj. Amany Burhanuddin Umar Lubis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya