Kepala BIN Sebut Aura Jokowi Sudah Pindah Ke Prabowo, Pakar: Jalan Terang Dukungan

Kepala BIN Budi Gunawan pidato di depan Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik - Presiden RI Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Papua untuk meresmikan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) dan peluncuran produk-produk kreatifitas di Abepura, Kota Jayapura. Jokowi ditemani Menteri Pertahanan RI yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Selain Prabowo, ada juga Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) Bahlil Lahadalia, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Perwakilan Papua Youth Creative Hub Founder yang mendampingi Jokowi. 

Ada momen menarik saat Budi Gunawan menyampaikan kata sambutan. Eks Wakapolri itu menyebut Prabowo tampak lebih sering mendampingi Jokowi kunjungan kerja belakangan ini.

Luhut Sebut Apple Bakal Investasi Besar: Tim Cook Baru Sadar RI Potensial

Pun, dia menyebut sebagian aura Presiden Jokowi saat ini sudah mulai berpindah ke Prabowo.

"Kita semua mengamati akhir-akhir ini Pak Prabowo sering bepergian bersama Pak Jokowi. Beberapa kali juga Pak Prabowo mengatakan bahwa Pak Jokowi adalah gurunya, guru beliau," kata Budi Gunawan, di Abepura, Selasa, 20 Maret 2023.

Bahlil Bocorkan Isi Pembicaraan Jokowi dan Tony Blair: Energi Baru hingga IKN

Kepala BIN Budi Gunawan pidato di depan Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo.

Photo :
  • Istimewa

Dia turut mendoakan kesehatan dan kesuksesan Prabowo yang siap maju dalam kontestasi Pemilu 2024.

“Seluruhnya mulai melihat aura Pak Jokowi sebagian sudah pindah ke Pak Prabowo. Kita semua mendoakan untuk Pak Prabowo semoga sehat, lancar dan sukses dalam kontestasi pemilu 2024," tutur Budi Gunawan.

Jalan Terang Prabowo

Pakar politik Ujang Komarudin menganalisa momen tersebut sebagai jalan terang Prabowo yang dinilainya makin banyak dapat dukungan dan support.

Menurut dia, selain Jokowi, dukungan positif ke Prabowo dari Kepala BIN Budi Gunawan seperti disampaikan secara terang-terangan. Bagi dia, dukungan Budi Gunawan itu lugas dan tegas dalam kata sambutan saat acara kunjungan kerja di Papua tersebut. 

Dia menangkap hal tersebut sebagai hal positif dukungan ke Prabowo.

“Ini hal positif ya, banyak dukungan ke Prabowo. Apalagi BG Kepala BIN. Tahu sendiri, Kepala BIN orang yang berpengaruh di RI dan sangat dekat dengan Jokowi," tutur Ujang.

Dia bilang bisa jadi ke depannya Budi Gunawan meyakinkan Megawati untuk mendukung Prabowo. Ia mengatakan jika Budi Gunawan seandainya bisa meyakinkan Megawati maka akan lebih mudah jalan Prabowo bisa memenangkan pertarungan Pilpres.

“Nah, kalau Jokowi dukung Prabowo, Mega dukung Prabowo, ya itu bagian daripada rezeki Prabowo dapat dukungan dari banyak pihak," lanjut Ujang.

Dia menyebut hal itu sebagai anugerah Prabowo untuk berjaya di Pilpres 2024.

"Dan, ini sebagai titik awal terang untuk Prabowo memenangkan Pilpres dan anugrah besar bagi Prabowo,” ujar Ujang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya