Survei Indo Barometer: Elektabilitas Ganjar Teratas, Ungguli Prabowo dan Anies

Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan capres teratas di survei
Sumber :
  • ist

VIVA Politik - Sosok Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meraup elektabilitas cukup tinggi sebagai tokoh potensial yang maju sebagai bakal capres untuk Pemilu 2024. Elektabilitas Ganjar bahkan mampu mengalahkan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Prabowo: Kita Harus Bersatu di Dalam atau Luar Pemerintahan

Hal tersebut dilihat dari hasil survei Indo Barometer yang bertajuk Pemilu 2024: Konstelasi, Variabel, Penentu, dan Pemenangnya. Survei dilakukan mulai periode 12-24 Februari di 33 provinsi dengan margin of error  sebesar ±2,9%.

Dalam simulasi elektabilitas capres, Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari menjelaskan dalam survei ada lima nama tokoh potensial. Kelima nama itu ialah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ketua DPR RI Puan Maharani dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

Ungkit Panasnya Debat di Pilpres 2024, Prabowo: Tapi Kita Tetap Satu Keluarga

Bakal capres 2024 Anies Baswedan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
 
Tak Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih, Ganjar: Tidak Dapat Undangan

Dari kelima nama itu, sosok Ganjar Pranowo mampu meraih elektabilitas lebih tinggi sebesar 29,4 persen. Dilanjutkan Prabowo 27,5 persen, Anies 23,9 persen, Puan 1,4 persen dan Airlangga 0,3 persen.

"Dari pertanyaan tertutup terhadap 5 nama calon Presiden, Ganjar Pranowo dipilih 29,4 persen. Selisih tipis dengan Prabowo Subianto yang dipilih 27,5 persen. Kemudian Anies Rasyid Baswedan 23.9 persen, Puan Maharani 1,4 persen dan Airlangga Hartarto 0,3 persen," kata Qodari dalam konferensi pers di Hotel Harris, Selasa, 21 Maret 2023.

Kemudian, saat dikerucutkan menjadi tiga nama, sosok Ganjar juga kembali unggul mengalahkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Ganjar memperoleh elektabilitas sebesar 30 persen.

"Prabowo Subianto memperoleh 28,4 persen dan Anies Baswedan 25,3 persen," lanjut Qadari 

Meski begitu, Qodari mengatakan hasil survei ini belum final. Sebab, baru Anies Baswedan dan Prabowo Subianto yang dinilai pasti mendapatkan dukungan untuk maju sebagai calon presiden (capres) 2024.

"Saat ini konstelasi capres belum final, yang relatif fixed baru Prabowo Subianto dan Anies Baswedan," ujar Qodari. 

Survei terbaru Indo Barometer ini dilakukan mulai periode 12-24 Februari di 33 provinsi. Survei melibatkan 1.230 responden dengan memiliki tingkat kepercayaan 95 persen. Pun, margin of error kurang lebih 2,9 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya