Ini Kata Demokrat Soal Budi Gunawan Sebut 'Aura' Jokowi Pindah ke Prabowo

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani
Sumber :
  • Instagram @kamharlakumani

VIVA Politik – Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani meragukan netralitas Badan Intelijen Negara (BIN) pada pemilihan umum (Pemilu) 2024. Hal tersebut lantaran pernyataan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan yang menyebut aura Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mulai berpindah ke Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya

"Kami menyayangkan lagi-lagi pejabat negara mempertontonkan sikap yang bisa mempengaruhi netralitas dan independensi penyelenggaraan dan proses Pemilu 2024," ujar Kamhar kepada wartawan, Rabu 22 Maret 2023.

Menurutnya, pernyataan serupa sebelumnya sempat disampaikan Budi Gunawan di hadapan Presiden Jokowi. Dia menyebut pernyataan Budi Gunawan itu bisa dibaca sebagai bentuk dukungan untuk Prabowo di Pilpres 2024.

KPK Siap Dampingi Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran dari Potensi Korupsi

Presiden Jokowi bersama Menhan Prabowo dan Kepala BIN Budi Gunawan di Surabaya.

Photo :
  • Twitter @jokowi

"Pernyataan serupa merupakan kali kedua yang tersimpan pada memori publik Pak Budi Gunawan menyebut Pak Prabowo di hadapan Pak Jokowi yang terbaca sebagai bentuk dukungan untuk Pilpres 2024 mendatang," kata dia.

Prabowo Dapat Ucapan Selamat dari Menlu Singapura Atas Kemenangan di Pilpres 2024

Kamhar menilai pernyataan Budi Gunawan itu muncul lantaran Presiden Jokowi yang sering mengendorse kandidat capres dan cawapres. 

Dia juga menyebut pernyataan yang dilontarkan Budi Gunawan sangat berbahaya mengingat dia adalah seorang pejabat tinggi negara, memiliki kekuatan hegemoni dan kekuatan dominasi sebagai repressive state apparatus ikut-ikutan pada politik praktis.

"Ini terjadi karena mencontoh Presiden Jokowi yang sering mengendorse capres dan cawapres. Ini juga karena Presiden Jokowi tak mampu menahan diri dan tak bisa memberi keteladanan," tuturnya.

Pernyataan dari Budi Gunawan terjadi ketika Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Papua untuk meresmikan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) dan peluncuran produk-produk kreatifitas di Abepura, Kota Jayapura. Jokowi ditemani Menteri Pertahanan RI yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Selain itu ada Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) Bahlil Lahadalia, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Perwakilan Papua Youth Creative Hub Founder yang mendampingi Jokowi.

Kepala BIN Budi Gunawan.

Photo :
  • Istimewa

Dalam sambutannya, Budi Gunawan menyebut Prabowo tampak lebih sering mendampingi kunjungan kerja Jokowi belakangan ini. Selain itu, dia juga menyebut sebagian aura Presiden Jokowi saat ini sudah mulai berpindah ke Prabowo.

"Kita semua mengamati akhir-akhir ini Pak Prabowo sering bepergian bersama Pak Jokowi. Beberapa kali juga Pak Prabowo mengatakan bahwa Pak Jokowi adalah gurunya, guru beliau," kata Budi Gunawan, di Abepura, Selasa, 20 Maret 2023.

Dia turut mendoakan kesehatan dan kesuksesan Prabowo yang siap maju dalam kontestasi Pemilu 2024.

“Seluruhnya mulai melihat aura Pak Jokowi sebagian sudah pindah ke Pak Prabowo. Kita semua mendoakan untuk Pak Prabowo semoga sehat, lancar dan sukses dalam kontestasi pemilu 2024," tutur Budi Gunawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya