Duet Prabowo-Airlangga Mencuat, PAN Sebut Semua Bisa dan Memungkinkan

Ketum Golkar Airlangga Hartarto (tengah) bersama petinggi PPP dan PAN di KIB.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik – Kontestasi politik di 2024 semakin mengemuka, terutama untuk pasangan capres-cawapres. Belakangan mencuat usulan duet Prabowo Subianto dengan Airlangga Hartarto.

Terbuka untuk Bertemu, Anies Sebut Prabowo Bukan Musuh tapi Lawan

Apalagi Partai Gerindra dan PKB, tengah berkomunikasi secara intens dengan Partai Golkar. Sementara Ketum Golkar Airlangga Hartarto, mengakui wacana duet ini pembahasannya semakin dalam.

"Semua bisa dan mungkin saja," kata Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, Rabu 22 Maret 2023.

MK Sudah Putuskan, Dave Laksono Minta Tak Ada Lagi Tuduhan Politisasi Bansos

PAN saat ini masih bersama-sama Partai Golkar dan PPP, membentuk Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB. Maka dari itu, Viva yakin kalau Golkar akan membahas dulu dengan KIB sebelum ada keputusan terkait wacana yang mencuat tersebut.

Viva yakin Golkar tidak akan mengambil keputusan sendiri. Karena lanjut dia, hal serupa juga dilakukan oleh PAN.

PAN Siapkan Bima Arya dan Desy Ratnasari untuk Pilgub Jabar

"Bahwa tidak akan mengambil keputusan sendiri tanpa mengajak anggota KIB lainnya," katanya.

Dia juga menegaskan, bawah ketiga partai di KIB masih tetap solid. Dengan munculnya wacana duet Prabowo-Airlangga tersebut, menurut dia adalah hal yang wajar dan biasa. 

"Seperti PAN, tidak mungkin PAN akan memutuskan sendiri tanpa mengajak dan koordinasi dengan Golkar dan PPP. Sebab KIB itu koalisi lahir batin, saling menguatkan dan membesarkan," jelasnya. 

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, menjelaskan bahwa poros KIB saat ini akan terus diperkuat. Salah satu upaya yang dilakukan, dengan membangun komunikasi bersama Gerindra dan PKB.

“Tentu semua menjadi pembahasan dan tentu kita lihat saja,” ujar Airlangga di DPP Golkar, Jakarta, Selasa 21 Maret 2023. 

Mengenai wacana duetnya dengan Prabowo yang juga Ketua Umum Partai Gerindra itu, Airlangga mengatakan bahwa itu juga dalam pembahasan. Bahkan diakuinya, sudah mendalam.  

“Pembahasannya sudah sangat dalam,” tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya