Tepis Rumor KIB Temui Jalan Buntu, PPP Terang-terangan Siapkan Nama Sandiaga Uno

Sejumlah pengurus pusat PPP menunjukkan Surat Keputusan Pengesahan mereka sebagai pengurus dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu, 22 Maret 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Melalusa Susthira K.

VIVA Politik – Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi menepis rumor bahwa Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menemui jalan buntu lantaran belum mengumumkan bakal calon presiden.

Investasi Dunia Menunggu, Anggota DPR Sarankan Pemerintah Segera Proklamasi Ibu Kota Pindah

Hal tersebut disampaikan usai dirinya diumumkan sebagai juru bicara partainya dengan terbitnya Surat Keputusan (SK) tentang Pengesahan Juru Bicara DPP PPP di Jakarta, Rabu, 22 Maret 2023.

"KIB bukan menemukan jalan buntu, justru KIB berjalannya banyak karena banyak tokoh yang merapat kepada kami, yang terus kami monitor perkembangan elektabilitasnya," kata Awiek, sapaan karibnya.

Negara-negara Barat Tolak Kemenangan Putin Dalam Pemilu 2024 di Rusia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno datang dan menghadiri peringatan Hari Lahir ke-50 Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Stadion Kridosono, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu, 8 Januari 2023.

Photo :
  • VIVA/Cahyo Edi

Dikatakan pula bahwa saat ini sejumlah nama diusulkan untuk diusung oleh PPP pada Pilpres 2024, mulai dari Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono hingga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

KPU Nilai Unjuk Rasa Jelang Penetapan Pemilu Hal Biasa dan Selalu Ada

"Ada nama Pak Sandi oleh DPW-DPW (Dewan Pimpinan Wilayah PPP) yang diusulkan. Ketum kami pun Pak Mardiono juga diusulkan sebagai calon wakil presiden untuk maju di pilpres mendatang," katanya.

Ditegaskan pula bahwa bakal calon presiden dan calon wakil presiden akan ditetapkan oleh partainya melalui Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) ataupun Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) yang akan digelar partainya.

Selain itu, katanya, penetapan bakal calon presiden dan calon wakil presiden juga akan diputuskan bersama Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golkar yang tergabung dalam KIB. Pertemuan partai politik yang tergabung dalam KIB kemungkinan setelah Ramadhan.

Muhamad Mardiono Plt Ketua Umum PPP

Photo :
  • VIVA/Rosikin

Juru Bicara PPP Usman M. Tokan atau Donnie Tokan menegaskan bahwa mekanisme partainya untuk menetapkan bakal calon presiden dan calon wakil presiden melalui Rapimnas. Namun, sebelum rapimnas, DPW PPP akan memberikan refleksi terkait dengan figur kepemimpinan nasional.

Menurut dia, wajar apabila sejumlah nama potensial bakal calon presiden/wakil presiden muncul sebagai bentuk usulan dari DPW PPP. "Kalau ada (DPW PPP) Gorontalo mendeklarasikan Sandiaga Uno itu hal wajar, kemudian di tempat lain ada juga yang meminta Pak Erick, meminta Ganjar Pranowo," katanya.

Pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan pada 19 Oktober 2023 sampai 25 November 2023.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu) pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini ada 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

Sejumlah pengurus pusat PPP menunjukkan Surat Keputusan Pengesahan mereka sebagai pengurus dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu, 22 Maret 2023. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya