Hendrawan-PDIP Kritik BEM UI soal Meme Puan: Umpatan yang Tak Terdidik

Anggota Badan Pengkajian MPR dari Fraksi PDIP, Hendrawan Supratikno.
Sumber :
  • tvOne

VIVA Politik – Politisi Senior PDI Perjuangan (PDIP)  Hendrawan Supratikno memberikan respons mengenai adanya meme yang diunggah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI), untuk mengkritik Ketua DPR RI Puan Maharani. Hendrawan mengatakan kritik yang disampaikan BEM UI itu sangat tidak pantas dilakukan.

Ahok Ungkap Tugasnya di Pilkada 2024: Bantu Kepala Daerah yang Diusung PDIP

Hendrawan mengatakan, semestinya para Mahasiswa tak menyampaikan umpatan yang tidak terdidik seperti itu. Mahasiswa tetap dapat mengkritik melalui cara yang lebih baik, seperti dengan cara berdiskusi dan berdebat secara terbuka.

"Rasanya kurang patut apabila mahasiswa menyampaikan umpatan-umpatan yang kurang terdidik, asal bunyi, merendahkan akal budi. Ajak wakil-wakil rakyat berdiskusi, berdebat, secara terbuka dan mendasar," kata Hendrawan, kepada awak media, yang dikutip Jumat 25 Maret 2023.

Pengakuan Ahok Kini Lebih Siap Jadi Gubernur

Demo Bem UI

Photo :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

Menurut Hendrawan, kritik yang disampaikan melalui forum diskusi atau perdebatan, menunjukkan kualitas mahasiswa yang lebih terdidik. Mahasiswa harus memiliki etika dan tata krama yang baik dalam menyampaikan kritiknya.

Jawaban Menohok Ahok soal Apakah Layak Kaesang Maju di Pilkada 2024

"Itulah esensi peran dan kontribusi insan kampus dalam membangun peradaban bangsa, bukan melakukan umpatan-umpatan yang dangkal dan spekulatif. Dalam bahasa Jawa ada istilah 'waton suloyo', asal-asalan, yang penting beda dan menarik perhatian," tutur Hendrawan

Handrawan juga menyebut bahwa selama ini para wakil rakyat sangat memerhatikan masukan dari mahasiswa. Dia juga berharap dunia kampus mampu memberikam masukan secara lengkap dan mendalam.

"Selama ini kritik dan masukan dari kampus, sangat diperhatikan. Kunjungan kerja Alat Kelengkapan Dewan (AKD), termasuk Badan Legislasi, sering ke kampus-kampus. Kami selalu berharap kampus memberi masukan secara lengkap dan mendalam," ujar Hendrawan

Sebagaimana diketahui, BEM UI mengunggah video yang berisi meme Puan Maharani berbadan tikus. Meme itu diunggah sebagai bentuk kritik karena DPR mengesahkan Perppu Cipta Kerja.

Gedung MPR, DPR dan DPD. (Foto ilustrasi).

Photo :
  • vivanews/Andry

Kritikan tersebut diunggah oleh BEM UI di sejumlah media sosialnya seperti TikTok dan Instagram. Ketua BEM UI Melki Sadek Huang menjelaskan alasan dibuatnya meme tersebut. 

"Melalui publikasi tersebut kami ingin sampaikan pada masyarakat untuk jangan berharap dan percaya banyak pada DPR saat ini karena bagi kami DPR tak lebih dari perampas hak masyarakat dan pelanggar konstitusi," kata Melki dalam keterangan tertulisnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya