Kritik BEM UI soal Video Meme, Loyalis Puan: Bentuk Framing Negatif

Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani
Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani
Sumber :
  • VIVA/Edwin Firdaus

VIVA Politik - Langkah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia yang mengunggah video animasi meme menyudutkan Ketua DPR RI yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIPPuan Maharani menuai sorotan. Kader PDIP yang merupakan loyalis Puan tak terima dan mengecam balim BEM UI.

Anggota Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat Pusat (BBHAR) PDIP, Roy Jansen Siagian, menyesalkan tindakan BEM UI yang dianggap menyerang pribadi Puan. Dia menekankan jika mengkritik mestinya kepada lembaga DPR RI.

“Tindakan tersebut bukanlah kritik atas kinerja DPR secara kelembagaan, melainkan bentuk framing negatif dan pembunuhan karakter terhadap individu dari Mbak Puan," kata Roy, dalam keterangannya, Jumat, 24 Maret 2023.

Roy menduga ada kekuatan politik tertentu yang gunakan lembaga mahasiswa tersebut untuk mengkritisi lembaga DPR. Tapi, yang disasar malah menyerang personal Puan.

Bagi dia, cara itu bagian manuver di tengah memanasnya politik jelang Pemilu 2024.

Namun, Roy menyampaikan dirinya menghormati kritik tersebut sebagai tanggungjawab kekuatan moral mahasiswa jika disampaikan secara proporsional dan memenuhi etika politik.

Halaman Selanjutnya
img_title