6 Poin Perjanjian Piagam Koalisi Perubahan, Salah Satunya Mandat Spesial untuk Anies

Koalisi Perubahan dukung Anies Baswedan sudah tandatangani piagam kesepakatan.
Sumber :
  • istimewa/Edwin Firdaus

VIVA Politik - Koalisi Perubahan untuk Persatuan Indonesia atau Koalisi Perubahan yang mendukung Anies Baswedan sebagai bakal capres 2024 terbentuk. Peresmian ditandai dengan penandatanganan piagam dari pimpinan tiga partai politik.

Tak Lapor Surya Paloh, Waketum Nasdem Klaim Temui Prabowo Tanpa Wakili Partai

Saat pertemuan sore tadi, ada tim kecil Koalisi Perubahan yang diwakili Partai DemokratNasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Demokrat, Teuku Riefky Harsya menyebut ada enam poin yang disepakati para ketua umum partai koalisi ini dalam piagam kesepakatan.

"Ada enam butir kesepakatan (dari piagam koalisi perubahan ini)," kata Riefky kepada wartawan, Jumat 24 Maret 2023.

Temui Prabowo, Waketum Nasdem Sebut Tak Ada Pembicaraan Politik

Pertama, membentuk koalisi dengan nama Koalisi Perubahan untuk Persatuan atau yang disebut dengan Koalisi Perubahan. Kedua, ketiga partai sepakat mendukung Anies Baswedan sebagai bakal capres dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Koalisi Perubahan dukung Anies Baswedan sudah tandatangani piagam kesepakatan.

Photo :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon
Yusril, Otto hingga Hotman Paris Temui Prabowo Subianto, Lapor Hasil Sengketa Pilpres 2024

Lalu, yang ketiga, memberikan mandat kepada calon presiden untuk memilih calon pasangannya. Keempat, memberi keleluasaan kepada Anies selaku bakal capres untuk berkomunikasi dengan partai politik lain dalam rangka memperluas basis dukungan 

Pun, kelima membentuk sekretariat perubahan yang merupakan kelanjutan dari tim persiapan atau tim kecil. Lalu, keenam, tiga partai bakal mengumumkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden 2024.

"Jadi, itu yang menjadi 6 poin di dalam piagam yang ditandatangani oleh tiga ketua umum partai," katanya.

Dukung Bulat

Anies Baswedan sah didukung NasDem, Demokrat, dan PKS sebagai bakal capres 2024. Penandatanganan nota kesepahaman atau MoU masing-masing partai tersebut pun sudah dilakukan.

"Telah ditandatanganinya piagam Koalisi Perubahan. Intinya adalah dengan piagam itu maka secara formal, kolektif, ketiga partai telah memutuskan secara bulat mengusung Bapak Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024," ujar Sudirman Said selaku perwakilan Anies di tim kecil rencana Koalisi Perubahan, Jumat 24 Maret 2023.

Dia menyebut, piagam Koalisi Perubahan sudah ditandatangani Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), juga Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

"Piagam ini secara berturut-turut telah ditandatangani Paloh, AHY, dan dilengkapi oleh pimpinan PKS Ahmad Syaikhu," katanya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya