Cak Imin: Dari Dulu Saya Mengecam Pembatasan bagi Umat Agama Lain Menjalankan Ibadah

Ketua Umum Forum Bersama Umat Kebangsaan Indonesia (FBUKI) Restu Utama (kiri) bersama Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (kanan) di kantor PKB, Jakarta, Senin, 27 Maret 2023.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Politik – Ketua Umum Forum Bersama Umat Kebangsaan Indonesia (FBUKI) Restu Utama meminta Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) untuk memperjuangkan penghapusan SKB Dua Menteri tentang syarat pendirian rumah ibadah.

Prabowo Makin 'Gemoy' Kuasai Parlemen Jika PKB dan Nasdem Gabung Koalisi

“SKB dua menteri memang sering menjadi penghambat dan alasan bagi kaum kecil (minoritas) membangun rumah ibadah. Jadi, saya mohon Pak Ketum PKB memperjuangkan ini agar bagaimana pun kita ingin beribadah dengan khusyuk dan damai," kata Restu dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin, 27 Maret 2023.

Kedua, Restu mendorong Cak Imin untuk memperjuangkan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan bagi pendeta di seluruh Indonesia. Ia berujar para pendeta selama ini tidak mempunyai jaminan sosial, padahal mereka mempunyai risiko kerja tinggi.

Ramalan Prabowo "PKB akan Hadir Kembali" Segera Terwujud, Menurut Pengamat

Ilustrasi/Satpol PP Segel Rumah yang Diduga Tempat Ibadah Jamaah Ahmadiyah

Photo :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

"Ada tiga yang kami inginkan terkait BPJS Ketenagakerjaan, yaitu jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, dan jaminan hari tua," kata Restu.

Ada Kesan Anies Baswedan Mulai Ditinggalkan Partai Pendukungnya, Menurut Pengamat

Ketiga, katanya, terkait dengan tanah wakaf untuk pendeta. Restu menyatakan selama ini kehadiran negara terkait tanah wakaf bagi para pendeta masih minim, termasuk dengan pembangunan rumah ibadah, khususnya gereja.

"Di sini kami melihat PKB ini nasionalis dan respons Pak Ketum PKB yang disampaikan tadi mengenai SKB 2 Menteri, dukungan BPJS Ketenagakerjaan bagi satu juta pendeta, dan tanah wakaf untuk para pendeta cukup direspons baik, jadi kami semakin semangat dan enerjik untuk membangun kerja sama dengan PKB," kata Restu.

Menanggapi aspirasi para pendeta FBUKI tersebut, Cak Imin menyatakan siap untuk memperjuangkannya. Ia menyatakan sudah sejak lama pasang badan bagi terwujudnya kebebasan beragama di Indonesia.

Dua tempat ibadah beda keyakinan di satu alamat yang sama di Solo, yakni Masjid Al Hikmah dan Gereja Kristen Jawa (GKJ) Joyodiningratan, berdampingan dan saling menghormati.

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

"Saya tentu akan memperjuangkan semua aspirasi para pendeta. Dari dulu saya mengecam pembatasan bagi umat agama lain menjalankan ibadah, toh mereka itu beribadah dan tentu untuk kebaikan, bukan menebar keburukan," kata Cak Imin.

Mengenai BPJS Ketenagakerjaan, Cak Imin mengatakan bahwa ia akan menyampaikan langsung kepada Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

“Terkait tanah wakaf, saya minta Pak Mardas (Marwan Dasopang) memfasilitasi dengan pemerintah, saya kira banyak lahan PTPN yang bisa dimanfaatkan untuk tempat ibadah," kata Cak Imin. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya