Sindir DPR Makelar Kasus, Mahfud MD Singgung Peristiwa Ustaz 'di Kampung Maling'

Mahfud MD dan Ketua PPATK Hadiri RDP Dengan Komisi III DPR Terkait 349 Triliun
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD heran dengan kelakuan anggota DPR. Dia menyebut Anggota DPR itu sering berlaku aneh dengan marah-marah, padahal makelar kasus alias Markus. 

TKN Prabowo-Gibran Yakin MK Tolak Permohonan Anies dan Ganjar

Demikian disampaikan Mahfud Md saat rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu sore, 29 Maret 2023. Rapat itu membahas transaksi mencurigakan Rp349 triliun di Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Sering di DPR ini aneh. Kadang kala marah-marah gitu nggak tahunya markus (makelar kasus) dia. Marah ke Jaksa Agung nantinya datang ke kantor Jaksa Agung titip kasus," kata Mahfud. 

Berani Adang Maling, Karyawan Alfamart di Semarang Naik Jabatan Jadi Kepala Toko

Omongan Mahfud itu memancing reaksi dari sejumlah anggota Komisi III DPR. Salah satunya anggota Fraksi Partai Gerindra Habiburokhman.

"Izin pimpinan. Interupsi, pimpinan. Ini tidak relevan," kata Anggota Komisi III DPR Fraksi Gerindra Habiburokhman.

Kasus Gadis 20 Tahun Tewas Tanpa Busana di Kolam, Polisi Kesulitan Mengungkap Pelaku

Mahfud MD Hadiri RDP Dengan Komisi III DPR Terkait 349 Triliun

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dia berdalih sebagai pimpinan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR merasa perlu mengetahui anggota DPR menjadi markus yang dimaksud Mahfud Md.

"Kebetulan saya pimpinan Mahkamah Kehormatan Dewan. Saya minta Pak Mahfud apa benar ada data soal anggota DPR yang markus. Disampaikan saja sekarang," ujar Habiburokhman.

Menanggapi itu, Mahfud langsung menceritakan era Jaksa Agung Abdurachman Saleh. Saat itu, Abdurachman dicecar habis-habisan ketika rapat dengan DPR terkait peristiwa 'ustaz di kampung maling'.

"Ingat peristiwa di kampung maling, ustaz di kampung maling. Pada waktu itu Jaksa Agung Abdurachman Saleh. Dicecar habis-habisan seperti ini, dibilang 'bapak ini seperti ustaz di kampung maling'. Di lingkungan bapak jelek. Bapak baik tapi di lingkungan bapak jelek,” kata Mahfud. 

Belum selesai Mahfud bicara, Habiburokhman kembali memotongnya. Dia mempertanyakan pernyataan Mahfud itu apakah terjadi saat DPR perode sekarang.

"Itu tanggal 17 Februari 2015," jawab Mahfud.

Tak puas dengan jawaban Mahfud, Habiburokhman kembali mencecarnya. Dia bertanya maksud Mahfud soal makelar kasus terhadap sejumlah anggota DPR periode saat ini.

Namun, Mahfud MD merasa kesal karena terus dicecar Habiburokhman. Dia pun jawab singkat pertanyaan dari Mahfud.

"Saya ndak akan nyebut itu. Saya memberi contoh DPR ada yang seperti itu," kata mahfud.

"Tapi, ada nggak di periode ini?" tanya Habiburokhman lagi

"Saya ndak wajib menjawab saudara," timpal Mahfud. 

Habiburokhman hanya diam setelah mendengar jawaban Mahfud.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya