Survei PolMark: Ganjar Pranowo Ungguli Prabowo Subianto dan Anies Baswedan

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

VIVA Politik – Sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali unggul dalam survei kandidat calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. Ganjar mampu mengungguli Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Anies Baswedan

Terkuak! Alasan PKB Belum Deklarasikan Anies Baswedan di Pilgub Jakarta

Hal itu terungkap dari hasil riset yang dirilis oleh Lembaga Riset PolMark Research Center (PRC) pada Kamis, 30 Maret 2023. Survei digelar di 78 daerah pemilihan (dapil) dalam rentang waktu 26 Oktober 2022 sampai 3 November 2022 dan dilanjutkan 23 Januari-19 Maret 2023. Margin of error dalam rilis ini kurang lebih 0,4 persen. 

Pendiri dan CEO PolMark Indonesia Eep Saefulloh Fatah awalnya mengungkap 14 nama kandidat calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. Dari 14 nama ini, sosok Ganjar menempati posisi pertama dengan perolehan elektabilitas 22,8 persen. 

Netanyahu Terbang ke AS Temui Joe Biden Usai Nyatakan Mundur Pilpres 2024, Mau Ngomong Hal Ini

Menhan RI Prabowo Subianto (tengah).

Photo :
  • Istimewa

"Kemudian disusul Prabowo Subianto 17,4 persen, Anies Baswedan 13,9 persen, Ridwan Kamil 5,2 persen, dan Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin 4,8 persen," kata Eep dalam konferensi pers, Kamis, 30 Maret 2023.

PKS: Warga Jakarta Kecewa dengan Heru Budi, Sodorkan Anies-Sohibul untuk Bereskan

"Kemudian, yang berikutnya Sandiaga Salahuddin Uno 2,0 persen, Puan Maharani 1,7 persen, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 1,7 persen, Khofifah Indar Parawansa 1,3 persen, Andhika Perkasa 1,1 persen, Erick Thohir 1,0 persen yang baru saja mewakili kita negosiasi dengan FIFA," sambungnya.

Eep melanjutkan, masih ada tiga kandidat lain yang memiliki elektabilitas terendah, yaitu Ahmad Heryawan 0,9 persen, Airlangga Hartarto 0,7 persen dan Budi Gunawan 0,2 persen.

Dari 14 nama itu, Eep kemudian mengerucutkan lima nama kandidat capres pada Pilpres 2024. Kelimanya ialah Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar, dan Puan Maharani. Dari kelima nama, Ganjar kembali unggul dengan perolehan elektabilitas 28,3 persen.

Anies Baswedan di DPP Demokrat

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Kemudian Eep kembali mengerucutkan lima kandidat menjadi tiga nama, yaitu Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

"Melihat simulasi tiga nama yang di banyak survei seringkali disebut sebagai tiga peringkat teratas elektabilitas Pilpres, yaitu Ganjar Pranowo 31,9 persen, Prabowo Subianto 24,9 persen, dan 19,3 persen pemilih memilih Anies Baswedan," ungkapnya.

"Ini membuktikan bahwa sebetulnya ternyata Pilpres 2024 itu masih cair," kata Eep.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya