DPR: Timnas U-20 Wajar Kecewa karena Harapan untuk Tampil Pupus Begitu Saja

Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda
Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda
Sumber :
  • DPR RI

VIVA Politik – FIFA telah resmi mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda meenilai, fakta ini menjadi langkah mundur bagi pembinaan sepak bola Indonesia.

“Kami semua prihatin dengan keputusan FIFA karena para pemain tim nasional Indonesia kemungkinan besar gagal mendapatkan kesempatan untuk menikmati pengalaman bermain dengan pemain-pemain terbaik dunia yang lolos final Piala Dunia U-20,” kata Syaiful Huda kepada wartawan, Kamis, 30 Maret 2023.

Keputusan FIFA mencoret Indonesia sebagai tuan rumah piala dunia setelah pertemuan Ketua Umum PSSI Erick Thohir dengan Presiden FIFA Infantino di Zurich. Pertemuan ini dilakukan buntut munculnya penolakan Gubernur Bali I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terhadap keikutsertaan Tim Nasional Israel.

Pelatih Timnas U-20 Indonesia Shin Tae-yong berikan instruksi ke pemainnya

Pelatih Timnas U-20 Indonesia Shin Tae-yong berikan instruksi ke pemainnya

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nym

Situasi ini membuat status finalis bagi Tim Garuda Muda terancam karena mereka lolos sebagai tuan rumah. Seharusnya, momentum Piala Dunia U-20 di Indonesia menjadi lompatan bagi pembinaan para pemain muda.

Sebab, mereka bisa belajar bagaimana menjadi pemain bola yang lebih baik dari sisi kemampuan, sikap, hingga solidaritas di lapangan.

Halaman Selanjutnya
img_title