Bela PKS yang Dituding Penyebab Piala Dunia U-20 Batal, Nasdem: Lebih Berefek Tetangga Sebelah

Ketua DPP Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Willy Aditya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Rahmat Fatahillah Ilham

VIVA Politik – Pasca dibatalkannya Indonesia sebagai penyelenggara Piala Dunia U-20 oleh FIFA, publik menyoroti sejumlah partai dan organisasi, yang dituding sebagai penyebabnya lantaran menolak kehadiran Timnas Israel. PKS adalah salah satu partai yang disorot publik.

Hasto Bantah PDIP Loyo soal Hak Angket: Kami Undang Semua Pihak untuk Berani

Ketua DPP Partai Nasdem, Willy Aditya, menyampaikan pembelaan terhadap PKS yang juga rekan di Koalisi Perubahan. Menurutnya, bukan PKS yang banyak disorot publik.

Justru kata dia, yang saat ini lebih banyak disorot ialah tetangga sebelah yang dimaksud partai lain. Namun, ia tidak menyebut partai tetangga sebelah yang dimaksud. 

Kolonel Herman Bantah Paspampres Halangi Marhan, Pekerjaan Pengemudi Xpander yang Tabrak Porsche

"Yang lebih berefek kepada tetangga sebelah lah. Ya kan? Siapa yang teriak paling kencang, secara kelembagaan, secara figur-figur," kata Willy kepada wartawan, dikutip, Jumat 31 Maret 2023.

Willy juga menegaskan, sorotan terhadap PKS tidak akan berimbas pada elektabilitas Anies Baswedan selaku bakal calon presiden (capres) yang diusung Koalisi Perubahan. 

8 Fraksi DPR Sepakat RUU DKJ Dibawa ke Rapat Paripurna

Terlebih sampai saat ini, mantan Gubernur DKI Jakarta itu tidak pernah menyatakan sikap terkait Piala Dunia U-20. Menurutnya, partai tetangga sebelah inilah yang akan mendapatkan efek luar biasa buntut penolakan terhadap Timnas Israel.

"Artinya enggak ada hubungan. kalau itu efeknya, Mas Anies tidak ngomong apa-apa. Ya yang blunder-blunder itu nanti kita lihatlah efeknya biar kemudian gruduk-gruduk jatuh aja semua. Kita lihat nanti," tuturnya.

Lebih lanjut, Willy justru menilai Anies Baswedan akan mendapatkan keuntungan dari pernyataan tetangga sebelah soal polemik Timnas Israel di Piala Dunia U-20. 

"Kadang-kadang bukan orang paling kaya, orang paling ganteng, bukan ketua umum (yang menjadi calon presiden), tapi rezeki anak saleh, Anies memetik banyak hal," tandas Willy.

Sebelumnya, Federasi sepak bola dunia (FIFA) mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 setelah Presiden FIFA Gianni Infantino melakukan pertemuan dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Doha, Qatar, Rabu.

"Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dengan Presiden Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, dengan mempertimbangkan situasi terkini, untuk mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023," demikian pernyataan FIFA yang disampaikan melalui laman resminya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya