Jokowi Semangati Timnas U-20: Masih Muda, Bisa Main di SEA Games hingga Olimpiade 2024

Presiden Joko Widodo bersama para pemain Timnas U-20, pelatih Shin Tae-yong, Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali, dan Kepala Polri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu, 1 April 2023.
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

VIVA Politik – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar para pemain Timnas U-20 kembali semangat dan tidak larut dalam kekecewaan setelah Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 itu diputuskan FIFA usai bertemu dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Belakangan, Indonesia memang menjadi sorotan usai menolak kehadiran timnas Israel dalam ajang Piala Dunia U-20 itu.

Akibat putusan tersebut, para pemain Timnas U-20 bersedih dan mengungkapkan berbagai kekecewaan melalui media sosialnya.

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Pelatih Timnas U-20 Indonesia Shin Tae-yong berikan instruksi ke pemainnya

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nym

"Sore hari ini, saya hadir di Gelora Bung Karno untuk memberikan semangat kepada Timnas U-20 untuk agar mereka tidak larut terus dalam kekecewaan dan kesedihan," kata Jokowi kepada wartawan, Sabtu, 1 April 2023.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan keinginannya agar Timnas Indonesia memiliki tim yang siap untuk bertanding pada kejuaraan mendatang. 

"Saya sampaikan bahwa ke depan kita ingin memiliki tim yang dibangun sejak awal, secara terus menerus, berkepanjangan sehingga kita bisa mendapatkan sebuah tim nasional yang betul-betul siap," sambungnya.

Hal itu ditekankan Jokowi karena dia menilai para pemain Timnas U-20 ini memiliki masa depan yang panjang. Eks gubernur DKI Jakarta itu bahkan yakin para pemain Timnas U-20 ini bisa bertanding di berbagai ajang internasional selain Piala Dunia U-20.

Pemain Timnas Indonesia U-20

Photo :
  • Instagram PSSI

"Kayak Timnas U-20 ini karena masih muda, masih memiliki kesempatan; bisa main di SEA Games, bisa main di Asian Games, bisa main di AFF, masih bisa main di Olimpiade 2024," katanya.

"Saya kira, kesempatan itu masih panjang, sehingga tadi saya sampaikan kepada mereka jangan patah semangat," pungkas Jokowi. 

Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 setelah Presiden FIFA Gianni Infantino bertemu dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Doha, Qatar, Rabu.

"Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dengan Presiden Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, dengan mempertimbangkan situasi terkini, untuk mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023," demikian pernyataan FIFA yang disampaikan melalui laman resminya.

Tunjuk Tuan Rumah Baru

FIFA mengatakan mereka akan secepatnya menunjuk tuan rumah baru, sedangkan tanggal penyelenggaraan kompetisi itu tidak berubah. Selain itu diumumkan pula bahwa potensi sanksi terhadap Indonesia juga akan diumumkan pada tahap berikutnya.

"FIFA ingin menggarisbawahi meski terdapat keputusan ini, pihaknya tetap berkomitmen untuk secara aktif membantu PSSI, melalui kerja sama erat dan dengan dukungan Presiden (Joko) Widodo, pada proses transformasi sepak bola Indonesia menyusul tragedi yang terjadi pada Oktober 2022. Anggota-anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam bulan-bulan mendatang, dan akan memberikan bantuan yang diperlukan kepada PSSI, di bawah kepemimpinan Presiden Thohir," demikian pernyataan lanjutan FIFA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya