PSI Gabung Koalisi Besar KIB-KKIR, Bagaimana Nasib Ganjar Pranowo yang Dicapreskan?

Konpres Giring Ketum PSI
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Partai Solidaritas Indonesia (PSI), memutuskan untuk bergabung dengan koalisi besar yang terdiri dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Walau belum terbentuk, koalisi besar ini diprediksi akan terbentuk pasca pertemuan para ketua umum partai dengan Presiden Joko Widodo.

Kehadiran Anies dan Muhaimin di KPU Tunjukkan Kedewasaan Politik meski Pahit, Menurut Pengamat

Namun, PSI sebelumnya telah mendeklarasikan bahwa Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (capres) mereka. Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie, mengatakan ikut koalisi besar tersebut adalah sebagai upaya PSI melanjutkan program Presiden Joko Widodo.

"Kami melihat ada satu yang merekatkan semuanya, yaitu semuanya sama sama ingin memastikan program Pak Jokowi berkelanjutan," ujar Grace saat konferensi pers di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Rabu 5 April 2023.

Ganjar soal Prabowo Bakal Rangkul Lawan Politik: Saya Lebih Baik di Luar Pemerintahan 

PSI pasang baliho Ganjar Pranowo.

Photo :
  • Dok. PSI.

Dengan bergabung ke koalisi besar tersebut, sangat memungkinkan tidak mengusung Ganjar Pranowo yang sudah dideklarasikan sebagai capres oleh PSI. Terlebih ada tokoh lain yang potensial sebagai capres dan cawapres di KIB dan KKIR seperti Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, hingga Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Beri Selamat ke Prabowo-Gibran, Perindo Sampaikan 4 Sikap

Meski realitas politik saat ini seperti itu, Grace memastikan PSI tetap pada komitmen awal yang memberi dukungannya kepada Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. 

"Belum ada perubahan, keputusan PSI menyatakan dukungan pada Ganjar itu dasarnya adalah rembuk rakyat," kata Grace.

"Setahu saya kalau dalam pembicaraan atau radarnya partai-partai yang tergabung dalam koalisi besar itu yang PSI usung juga sebenarnya ada di dalam situ. Jadi, proses masih berlangsung kita nikmati saja prosesnya," sambungnya.

Terkait memberi dukungan ke Prabowo Subianto, Grace menyebut kemungkinan itu belum bisa dipastikan. Apalagi koalisi besar belum terbentuk.

"Masih belum juga anggotanya siapa saja, tetapi yang menyatukan semuanya adalah sama-sama ingin memastikan ada kesinambungan program Pak Jokowi," tutur Grace.

Sebelumnya, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Giring Ganesha memutuskan partainya masuk ke dalam Koalisi Besar dalam Pemilu 2024 mendatang.

Adapun wacana koalisi besar itu disebut-sebut beranggotakan partai politik dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

"Maka dengan Bismillahirrahmanirrahim PSI tegak lurus masuk dalam koalisi tim Jokowi mulai hari ini," ujar Giring Ganesha dalam konferensi pers di DPP PSI, Jakarta Pusat, Rabu 5 April 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya