Jokowi Tak Unggah Momen Bareng Ganjar di Medsos, Begini Analisa Pakar

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo satu mobil dengan Presiden Jokowi saat di Boyolali.
Sumber :
  • Twitter @ganjarpranowo

VIVA Politik - Momen kebersamaan antara Presiden RI Jokowi dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat kegiatan pada 10 April 2023 menarik perhatian. Salah satu yang jadi perhatian yaitu Jokowi tak mengunggah momen itu ke akun media sosialnya.

Prabowo dan Gibran Bakal Temui Jokowi Nanti Malam

Berbeda dengan Ganjar yang aktif mengunggah momen bareng Jokowi di akun media sosoialnya. Pakar politik yang juga Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari menganalisa hal itu karena diduga perasaan Jokowi saat ini terhadap Ganjar tengah berpura-pura. 

Dia mengatakan demikian karena ada perbedaan unggahan antara Jokowi dan Ganjar di media sosialnya. Qadari membandingkan Ganjar yang gencar mem-posting sejumlah momen bersama Jokowi di akun medsos seperti Twitter dan Instagram-nya. Salah satu momen itu saat keduanya berada di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Gibran Diberi Wejangan Ma'ruf Amin: Presiden dan Wakil Presiden Harus Kompak

Namun, dia heran Jokowi tak sama sekali menggunggah momen tersebut di akun medsosnya. Qodari menduga hal itu karena masih terkait gagalnya Indonesia menggelar ajang Piala Dunia U-20. 

“Saya kira medsos ini memang menggambarkan perasaan Pak Jokowi yang sesungguhnya gitu lho. Bahwasanya kemudian Pak Jokowi tampil bersama dengan Ganjar Pranowo, sebetulnya Pak Jokowi itu sedang berpura-pura,” kata Qodari dalam diskusi yang digelar detikcom dan Total Politik bertajuk Adu Perspektif bertajuk ‘Jokowi Masih Sakti?’ yang dikutip pada Rabu, 12 April 2023.

Pidato Lengkap Prabowo Subianto Usai Ditetapkan sebagai Presiden Terpilih

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Presiden Jokowi saat di Boyolali.

Photo :
  • Twitter @ganjarpranowo

Pun, dia menambahkan sikap Jokowi yang tak mengunggah di medsos diduga juga untuk menjaga keseimbangan politik. Ia bilang demikian karena status Jokowi sebagai RI-1 yang mesti jadi pengayom jajaran pejabatnya termasuk kepala daerah level gubernur.

Qadari juga menduga ada kemungkinan Jokowi dihubungi DPP PDIP untuk jaga elektabilitas Ganjar agar tidak merosot jauh sekali.

“Karena Pak Jokowi beliau ini pemimpin bangsa, presiden, ya harus mengayomi gubernur-nya. Jangan-jangan Pak Jokowi ditelepon sama DPP. 'Pak tolong Pak itu survei lagi pada turun, siapa tau pas sama Pak Jokowi bisa naik," ujar Qadari.

Bagi dia, kondisi itu dianggapnya karena Jokowi belum ada perasaan nyaman.

"Jadi, ini menurut saya perasaannya itu masih belum nyaman. Ya, balik lagi, ini politik keseimbangan," lanjut Qadari.

Untuk diketahui, saat Jokowi kunjungan kerja ke Boyolali, Ganjar turut mendampingi pada Senin, 10 April 2023. Bahkan, Ganjar dan Jokowi sempat satu mobil.

Isu mencuat imbas kegagalan RI jadi host Piala Dunia U-20 membuat Jokowi dengan Ganjar mengalami keretakan. Adapun Ganjar sempat menyampaikan penolakan terhadap Timnas Israel U-20 sebagai peserta yang akan bertanding.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya