Megawati Akui Diskusi dengan 3 Sosok Penting Sebelum Penunjukan Ganjar Jadi Capres

Pengumuman Ganjar Pranowo Sebagai Capres PDIP
Sumber :
  • Youtube

VIVA Politik – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri mengatakan telah berdialog atau berdiskusi dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo, dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani sebelum memutuskan usung Ganjar Pranowo maju Pilpres 2024.

Jokowi Hopes Panua Pohuwato Airport in Gorontalo Can Boost Local Economy

"Tugas dan tanggungjawab saya tersebut bukanlah sebuah hal yang ringan, karena itulah saya gunakan seluruh akal budi, mata hati, dan pikiran. Saya berdialog termasuk dengan Pak Jokowi termasuk jajaran internal partai, termasuk Mas Ananda Prabowo dan Mbak Puan Maharani, kader, dan petugas partai yang telah lama digembleng jadi pemimpin," ujar Megawati saat konferensi pers di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat 21 April 2023. 

Megawati

Photo :
  • ANTARA / Rangga Pandu Asmara Jingga
Sosok Jenderal Termuda di TNI, Ternyata Lulusan Akmil 1999 dan Berusia 47 Tahun

Presiden Republik Indonesia ke-5 itu juga menegaskan pengumuman Ganjar Pranowo sebagai calon presiden ini merupakan hak prerogatif bagi setiap partai politik. Di mana hak itu adalah menetapkan calon dan wakil presiden yang akan diusung oleh PDIP.

"Apa yang akan saya sampaikan (pengumuman capres) merupakan tanggung jawab terhadap sejarah. Sebagaimana saudara-saudara ketahui bahwa oleh kongres kelima PDIP saya telah mendapat mandat dan hak prerogatif untuk menetapkan calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung oleh PDIP," katanya. 

Komarudin Watubun Tegaskan Gibran Bukan Kader PDIP Lagi

Megawati Soekarnoputri mengumumkan Ganjar Prabowo capres PDIP

Photo :
  • Tangkapan layar

Setelah melewati berbagai diskusi, Megawati akhirnya menetapkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai calon presiden yang bakal diusung oleh partainya. 

"Setelah selama ini memikirkan melihat dan mencermati apa yang telah jadi harapan rakyat serta petunjuk Allah, maka pada hari Kartini ini tanggal 21 April 2023 dan sekaligus sebagai tonggak perjuangan kaum perempuan Indonesia yang non-diskriminatif dan dijamin konstitusi negara," kata Megawati.

"Maka pada jam 13.45 WIB dengan mengucapkan bismillah menetapkan Ganjar Pranowo, sekarang adalah Gubernur Jateng sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai capres Republik Indonesia dari PDIP," sambungnya. 

Sebagai informasi, Megawati juga menunjuk Ketua DPR RI, Puan Maharani sebagai tim pemenang atau tim sukses (timses) Ganjar Pranowo pada Pemilu 2024 mendatang. Puan sebelumnya ditugaskan PDIP untuk bertemu rutin dengan Presiden Jokowi dan ketum-ketum parpol.

Megawati Soekarnoputri mengumumkan Ganjar Prabowo capres PDIP

Photo :
  • Tangkapan layar

"Mbak Puan Maharani Ketua DPP Bidang Politik dan sekaligus ketua DPR RI setelah sebelumnya saya beri tugas untuk bertemu rutin dengan Presiden Jokowi dan berdialog dengan ketum parpol, saya memberikan mandat kepada Mbak Puan untuk membentuk tim yang dibutuhkan guna memenangkan pilpres dan pileg tahun 2024," ujar Megawati saat konferensi pers di Istana Batu Tulis, Bogor, Jumat 21 April 2023. 

Setelah itu, Megawati juga meminta kepada seluruh kader PDIP langsung bergerak turun ke masyarakat secara disiplin untuk memenangkan Pemilu 2024. 

"Anak-anakku seluruh simpatisan anggota dan kader PDIP. Dengan penetapan calon presiden ini selanjutnya saya memberikan instruksi melalui perintah harian kepada 3 pilar partai yaitu satu kepada struktural partai dari anak ranting, ranting pengurus, anak cabang satgas partai DPLN artinya cabang di luar negeri, DPC, DPD, hingga DPP partai serta dua kepada seluruh anggota legislatif dari kab/kota provinsi hingga nasional dan tiga kepada seluruh eksekutif partai dari tingkat nasional provinsi hingga seluruh kepala daerah dan wakil kepala daerah di kab/kota," kata Megawati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya