Olly Dondokambey Buktikan Sulut Solid Menangkan Ganjar Pranowo

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (paling kanan) saat berbincang dengan Bendahara Umum PDIP sekaligus Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Gubernur Bali Wayan Koster di sela-sela Rakernas PDIP di Jakarta, Rabu, 22 Juni 2022.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA PolitikKetua DPD PDI (PDI) Perjuangan Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey membuktikan Sulawesi Utara sebagai provinsi paling solid untuk memenangkan Ganjar Pranowo pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Tetap Gunakan Sirekap di Pilkada Serentak, KPU: Kami Punya Kewajiban untuk Terbuka

Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saidiman Ahmad menjelaskan periode Maret 2020-April 2023, dukungan terhadap PDI Perjuangan 66 persen. Menurut dia, Ganjar Pranowo sebagai calon presiden yang diusung PDI Perjuangan diyakini bakal meraih kemenangan mutlak di Sulawesi Utara.

"Hasil survei itu mewakili 100 persen warga yang kita agregasi dari data-data survei sejak 2020-2023. Memang pemilih PDIP di Sulut paling tinggi, yaitu 66 persen. Saya kira wajar, karena Sulut adalah basis PDIP selama ini. PDIP memang sangat kuat di sana, selain di Jawa Tengah dan Bali," kata Saidiman melalui keterangannya pada Kamis, 27 April 2023.

Ketua Umum Projo Isyaratkan Mesti Ada Parpol di Luar Pemerintahan Prabowo-Gibran

Tampaknya, kata dia, sosok Olly Dondokambey memiliki pengaruh kuat sebagai Gubernur Sulawesi Utara kepada PDI Perjuangan. Selain itu, lanjut dia, Olly juga sebagai pengurus partai berlambang moncong putih banteng.

Pengumuman Ganjar Pranowo Sebagai Capres PDIP

Photo :
  • Youtube
Muhammadiyah: Prabowo Harus Menyerap Aspirasi Anies, Cak Imin, Ganjar, dan Mahfud

"Saya kira memang kalau dikatakan peningkatan ini ada faktor tokoh seperti Pak Olly sebagai Ketua DPD PDIP Sulut, Bendahara Umum DPP PDIP, dan Gubernur Sulut. Saya kira ada hubungannya," ungkapnya.

Disisi lain, Saidiman masyarakat tingkat nasional menilai Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berhasil apalagi diperkuat di tingkat lokal dalam hal ini Sulawesi Utara dengan berbagai macam terobosannya.

"Kombinasi itu yang membuat PDIP makin kuat di daerah-daerah dan menjadi basis selama ini termasuk Sulut," jelas dia.

Ia menyebut PDI Perjuangan mendapatkan kenaikan suara di basis-basis selama ini. Tentu, kata dia, salah satu faktor penyebabnya kepercayaan publik kepada Presiden Jokowi sekitar 75 persen.

Artinya, ia melihat kepercayaan publik kepada pemerintah, berkorelasi dengan pilihan partai. Jadi, makin baik penilaian publik terhadap pemerintahan sekarang, maka yang paling mendapat dampak elektoral paling signifikan itu PDI Perjuangan.

"PDIP dianggap sebagai representasi pemerintah. Kita menemukan dalam survei SMRC, makin tinggi kepercayaan publik terhadap pemerintah yang sekarang diwakili PDIP, makin tinggi juga pilihan terhadap Ganjar. Kalau misal Presiden Joko Widodo berkinerja baik, Pak Olly berkinerja baik di Sulut, itu akan berdampak kepada Ganjar," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya