Tutup Usia, Ini Sepak Terjang M Taufik Berkarier Sebagai Politikus

Politikus Gerindra Mohamad Taufik.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA Politik – Mantan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik dikabarkan meninggal dunia akibat sakit kanker paru yang dialaminya pada Rabu, 3 Mei 2023. Diketahui jika M Taufik meninggal dunia sekitar pukul 21.45 WIB di RS Siloam Semanggi, Jakarta Selatan.

Kabar Duka, Ibunda Angger Dimas Meninggal Dunia

Lantas, seperti apakah sosok M Taufik ini dan bagaimana sepak terjang di dalam dunia politik? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Sepak terjang M Taufik sebagai politikus

Mengenal Sosok Pemimpin Tertinggi Negara Iran, Ternyata Bukan Presiden

Wakil Ketua DPRD DKI, Mohamad Taufik.

Photo :
  • Fajar GM

M Taufik merupakan politisi senior yang lahir pada 3 Januari 1957 di Jakarta. Ia merupakan anak pertama dari sepuluh bersaudara.

Sebelum Gantung Diri, Meli Joker Sempat Minum Cairan Pembersih Lantai

Suami dari Dian Kartika Rini itu menempuh pendidikan di Universitas Jayabaya setelah menamatkan Sekolah Menengah Atas.

Sebelum terjun ke dunia politik, Taufik aktif dalam berbagai organisasi. Posisi dalam sejumlah organisasi yang pernah dijabat olehnya adalah Sekjen Serikat Pekerja Maritim Indonesia, Ketua SPSI Pelabuhan Tanjung Priok, Himpunan Mahasiswa Islam Jakarta, Ketua Senat Mahasiswa Universitas Jayabaya, Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Universitas Jayabaya, Ketua Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional-Indonesia (PRSSNI) DKI Jakarta, dan Ketua Pusat Pengkajian Jakarta (PPJ).  

Selain itu, Taufik juga tercatat sebagai Bendahara Umum Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta. Taufik sempat menjadi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta pada 2003. 

Namun, saat masih menjabat sebagai Ketua KPU DKI Jakarta, Taufik ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan barang dan alat peraga Pemilu 2004. Ia kemudian divonis selama 18 bulan pada 27 April 2004 karena menyebabkan kerugian negara senilai Rp 488 juta. 

Ahok dan Wakil Ketua DPRD DKI Mohamad Taufik

Photo :
  • Fajar GM

Taufik kemudian bergabung dengan Partai Gerindra sejak partai itu berdiri pada 2008. Sejak itu karier politik Taufik melesat tajam. Misalnya saja dalam Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada DKI Jakarta 2012 lalu, Taufik berhasil turut memenangkan Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaya Purnama (Ahok).  

Sedangkan pada 2017, Taufik yang saat itu masih menjabat sebagai Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta berhasil membawa pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. 

Namun pada tahun 2022 kemarin, perjalanan politik Taufik di Partai Gerindra harus terhenti karena Majelis Kehormatan Partai (MKP) Gerindra memutuskan untuk memecat M Taufik. 

Alasan M Taufik dipecat dari Partai Gerindra karena dia dianggap tak loyal dan terlalu banyak manuver di luar kewenangan partainya.

Sebelum masuk di partai Gerindra, M Taufik tercatat pernah berkiprah di Partai Golkar dan Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) pada tahun 1998-1999.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya