Terikat Janji Koalisi, Gerindra Prioritaskan Duet Prabowo-Cak Imin Untuk 2024

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani bertemu dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA Politik –Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani angkat bicara mengenai peluang memasangkan Ketum Prabowo Subianto dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Prabowo-Cak Imin) atau Prabowo Subianto dengan Ketum Golkar Airlangga Hartarto (Prabowo-Airlangga). Menurut Muzani, Partainya tetap memprioritaskan Prabowo-Cak Imin.

Apindo Usul di Kabinet Prabowo-Gibran Ada Kementerian Perumahan dan Perkotaan

"Jika nanti kemudian PKB mendukung Pak Prabowo maka wakil presidennya diserahkan ke Pak muhaimin, terserah Pak Muhaimin tapi dari informasi yang kami dengar Pak Muhaimin sendiri yang mau maju," kata Muzani, Kamis, 4 Mei 2023.

Prabowo dan Cak Imin tanda tangan sepakat koalisi Gerindra-PKB.

Photo :
  • Twitter Partai Gerindra @Gerindra
DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

Muzani menjelaskan, Gerindra dan PKB sudah terikat dengan kesepakatan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Salah satu poin kesepakatan tersebut yakni menyerahkan kepada Prabowo dan Cak Imin untuk menentukan pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024.

"Yang menandatangani akta perjanjian kan PKB tanggal 13 Agustus 2022, sudah hampir 8 bulan jadi saya kira dari sisi ini berkali-kali saya mengatakan PKB mendapatkan privilese lebih awal karena awal itu penting," kata Muzani.

Oposisi Diperlukan agar Ada yang Mengingatkan kalau Ada Penyimpangan, Menurut Pakar BRIN

Muzani mengatakan bahwa pihaknya memang mempertimbangkan beberapa nama untuk menjadi cawapres Prabowo Subianto. Namun, kata dia, prioritas pertama adalah Cak Imin.

"Bahwa politik ada deadline, iya karena kita harus mendaftar dan memutuskan siapa dan siapa. Nama cawapres memang sudah di kantong Pak Prabowo tetapi kantongnya masih di kancing," imbuhnya

Sebelumnya, Cak Imin mengungkapkan safari dan silaturahmi politik para tokoh belakang ini merupakan bagian dari upaya menemukan pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024. Menurut Cak Imin, dengan dinamika politik saat ini, masih terbuka kemungkinan muncul berbagai pasangan capres-cawapres termasuk pasangan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketum Golkar Airlangga Hartarto.

"Simulasi itu tidak menutup berbagai peluang apakah Prabowo-Muhaimin, Prabowo-Airlangga atau Airlangga-Muhaimin. Itu masih proses yang akan kita jalani," kata Cak Imin saat konferensi pers usai bertemu dengan Airlangga di Resto Pelataran, Senayan, Jakarta, Rabu, 3 Mei 2023.

Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar di Kertanegara

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Cak Imin mengakui pertemuannya dengan Airlangga tidak terlepas dari upaya mencari simulasi pasangan capres-cawapres yang tepat. Menurut dia, dirinya terbuka berpasangan dengan Prabowo ataupun dengan Airlangga.

"Saya bersama Pak Prabowo bersimulasi. Saya bersama Pak Airlangga bersimulasi. Tetapi kita ingin pertemuan hari ini, PKB dan Golkar akan terus lebih intensif lagi sampai pada hari yang kita anggap tepat," kata Cak Imin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya