Megawati Sebut Jokowi Sudah Siapkan Lahan Bibit Terkait Pembangunan IKN

Ketua dewan pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Megawati Soekarnoputri.
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Politik – Presiden kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri mengatakan bahwa Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) telah menyiapkan lahan pembibitan (nursery) untuk menggantikan tanaman yang terpotong di Kalimantan terkait pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Istana Jelaskan Kronologi Kericuhan Saat Open House Presiden Jokowi

"Sudahkah ada nursery untuk menggantikan ini? Beliau (Jokowi) mengatakan ada. Katanya, sudah. Saya disuruh nanti melihat ke sana," ujar Megawati memberikan keterangan kepada wartawan di Badung, Bali, Jumat, 5 Mei 2023.

Penyiapan lahan pembibitan menjadi perhatian Megawati, terlebih dengan situasi pemanasan global yang saat ini tengah berlangsung.

Pengamat: Serangan Hasto Terhadap Presiden Jokowi Bisa Merugikan PDIP

Presiden Jokowi saat meninjau persemaian Mentawir di IKN Nusantara

Photo :
  • Ist

Bagi Megawati, selain mempersiapkan lahan pembibitan, juga penting untuk memperhatikan tanaman jenis apa yang sudah disiapkan untuk menggantikan tanaman lokal yang terpotong.

Hari Lebaran Kedua, Prabowo dan Didit Kunjungi Jokowi Lagi di Istana

Kalimantan memiliki ragam tanaman lokal yang khas. Oleh karena itu, Megawati ingin memastikan agar lahan pembibitan yang disiapkan sudah sesuai.

"Pertanyaan saya sebagai pengarah dari BRIN, bahwa tanaman yang ditanam di nursery itu [apakah] sudah sesuai sebagai pengganti tanaman lokal yang harus terpotong karena adanya sebuah pembangunan," ujar Megawati.

Megawati mengingatkan kepada Jokowi untuk memastikan bahwa pembangunan IKN telah terencana dengan baik, termasuk dalam hal memperhatikan jenis-jenis tanaman yang terkena imbas pembangunan.

Upacara HUT ke-77 RI di IKN Nusantara

Photo :
  • VIVA/Jhovanda

"Ini menjadi perhatian saya, yang saya katakan juga pada Presiden, jangan nanti ketika pembangunan IKN itu tidak terencana dengan baik, karena tanaman lokal di Kalimantan itu sangat luar biasa," ujarnya.

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan proses perolehan tanah di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur terus berjalan dengan dukungan lintas kementerian.

"Proses perolehan tanah di IKN terus berjalan, saat ini pemerintah menyiapkan lahan melalui mekanisme pelepasan kawasan hutan di IKN," ujar Deputi Perencanaan dan Pertanahan OIKN Mia Amalia dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Mia mengatakan langkah tersebut sesuai Peraturan Presiden (Perpres) No. 65 Tahun 2022 tentang Perolehan Tanah dan Pengelolaan Pertanahan di IKN, yang menyebutkan perolehan tanah di IKN dilakukan melalui dua mekanisme yaitu pelepasan kawasan hutan dan pengadaan tanah. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya