Temui Para Mantan Wapres, Kode Cak Imin Incar Cawapres di Pilpres 2024?

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin tiba di kediaman Hamzah Haz
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

VIVA Politik – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, mengungkap benang merah atas kegiatan safari politik yang dilakukannya ke sejumlah tokoh beberapa waktu terakhir.

Gus Ipul Sarankan PKB Sowan ke Rais Aam dan Ketum PBNU: Minta Nasihat Gitu

Untuk diketahui, pada Sabtu, 6 Mei 2023, Cak Imin sempat bertemu dengan Wakil Presiden RI 2004-2009 dan 2014-2019 Jusuf Kalla (JK). Kemudian, dilanjutkan hari ini, Kamis, 11 Mei 2023 dengan menemui Wakil Presiden RI ke-9, Hamzah Haz, di kediamannya di Matraman, Jakarta Timur. 

Cak Imin membenarkan, sowan yang ia lakukan ke beberapa tokoh politik ini sedianya sebagai kode untuk mendapatkan posisi sebagai Capres 2024.

Gus Ipul Sindir PKB Belum Beri Selamat ke Prabowo-Gibran: Apresiasi Pilihan Rakyat Itu Penting

Jusuf Kalla (JK) saat bertemu dengan Ketum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Photo :
  • VIVA/Supriadi Maud-Istimewa

"Kalau ditanya ngincarnya pasti Presiden, tapi semua kita sowani termasuk calon presiden," kata Cak Imin kepada wartawan, Kamis, 11 Mei 2023. 

Gus Ipul Bicara soal Pergantian Cak Imin dari Ketua Umum PKB: Harus Regerenasi

Selain memberikan kode bahwa dirinya menginginkan posisi capres, Cak Imin juga menyebut pertemuannya ini sebagai bentuk penghormatan atas jasa mereka saat menjabat sebagai wakil presiden (wapres) selama ini. 

"Ya tentu Wakil Presiden ini banyak jasanya mendampingi Presiden yang harus terus kita hormati, terus menerus memberikan penghargaan yang tinggi atas perjuangan para Wakil Presiden," tuturnya.

"Kita juga harus banyak belajar mendapatkan masukan dan siapa tahu, kalau tidak jadi Presiden, ya Wakil Presiden," tandas Cak Imin. 

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyambangi Wakil Presiden ke-9 sekaligus tokoh Nahdlatul Ulama (NU), Hamzah Haz di kediamannya di kawasan Matraman, Jakarta Timur pada Kamis, 11 Mei 2023.

Berdasarkan pantauan VIVA, Cak Imin yang didampingi Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid, tiba sekitar pukul 10.00 WIB. Keduanya menebar senyum hangat ke awak media sebelum memasuki kediaman Hamzah Haz.

Cak Imin dan Jazilul disambut perwakilan pihak Hamzah Haz. Kepada awak media, Cak Imin mengaku kedatangannya bertemu dengan Hamzah Haz itu dalam rangka silaturahmi pasca Idul Fitri. 

"Halal bihalal saja," ucap Cak Imin kepada wartawan di lokasi, Kamis, 10 Mei 2023.

Terpisah, Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Bidang Komunikasi dan Informasi, Ahmad Iman Sukri, mengatakan bahwa Cak Imin ingin meminta nasihat politik dari Hamzah Haz yang pernah menduduki posisi Wakil Presiden.

"Cak Imin minta nasihat politik dari mantan Wapres Pak Hamzah Haz karena Pak Hamzah Haz ini mantan Ketua Umum PPP yang fenomenal pernah jadi Wapres, politisi reformasi Islam-lah," ujar Ahmad di Jakarta, Rabu malam, sebagaimana dilansir dari ANTARA.

Menurut dia, Cak Imin merasa perlu mendapatkan masukan sekaligus menimba pengalaman dari Hamzah Haz. Mereka juga akan berdiskusi tentang perkembangan politik saat ini, terutama menjelang Pemilu 2024, agar pemilu berjalan secara damai dan demokratis.

Hal ini mengingat beberapa lembaga survei menyebut Cak Imin merupakan bakal calon wakil presiden (cawapres) paling potensial. Salah satunya hasil survei terbaru PolMark Research Center (PRC)-PolMark Indonesia yang menempatkan Cak Imin berjejer di urutan kelima sebagai kandidat calon presiden (capres) secara nasional dengan perolehan 4,8 persen di bawah Ridwan Kamil yang mendapatkan 5,2 persen.

"Tentu terkait juga dengan cawapres. Cak Imin terakhir survei PolMark di Jawa Timur sebagai cawapres yang paling tinggi," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya