PDIP Bikin Tim Koordinasi, Ganjar Bakal Gelar Pertemuan Akbar dengan Relawan Jokowi

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Presiden Jokowi saat di Boyolali.
Sumber :
  • Twitter @ganjarpranowo

VIVA Politik - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) resmi membentuk Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres 2024 DPP PDI (TKRPP-PDI PERJUANGAN). Ikhtiar itu sebagai upaya memenangkan Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. 

Menteri Basuki: Presiden Jokowi Dijadwalkan Berkantor di IKN Akhir Juni atau Awal Juli

Ketua TKRPP-PDI Perjuangan, Ahmad Basarah mengatakan pihaknya dibentuk sebagai respons atas munculnya berbagai aspirasi masyarakat untuk mendukung Ganjar sebagai calon RI-1.

"Dukungan tersebut muncul dari organ-organ relawan yang berasal dari organ relawan pendukung Presiden Joko Widodo yang bertransformasi jadi organ relawan pendukung Ganjar Pranowo maupun organ relawan yang terbentuk setelah penetapan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pilpres 2024," kata Basarah saat konferensi pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 12 Mei 2023.

Ditunjuk Jadi Plt Kepala OIKN, Menteri Basuki Fokus Urusi Status Tanah hingga Investasi

Pengumuman Ganjar Pranowo Sebagai Capres PDIP

Photo :
  • Youtube

Basarah menjelaskan berdasarkan ketentuan Pasal 6A ayat 2 UUD Negara Republik Indonesia bahwa peserta di Pilpres adalah partai politik atau gabungan partai politik yang mengusung pasangan capres dan cawapres. Namun, Pasal 1 ayat 2 UUD NRI 1945 menegaskan kedaulatan berada di tangan rakyat.

Kepala IKN Bambang Susantono Mundur

"Maka partai politik peserta pemilu presiden juga wajib menjadikan pemilu presiden sebagai pesta demokrasi rakyat yang melibatkan segenap elemen masyarakat untuk berpartisipasi menyukseskannya," kata dia. 

Maka itu, Basarah menegaskan DPP PDIP sudah memutuskan membentuk TKRPP-PDI Perjuangan sebagai instrumen untuk mensinergikan antara gerakan kepartaian dan gerakan rakyat. Hal itu sebagai langkah mendukung pencalonan dan pemenangan Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden RI 2024 bersama Calon Wakil Presidennya.

Basarah menyampaikan, TKRPP-PDI Perjuangan menjalankan fungsi dan tugas sebagai fasilitator bagi partisipasi masyarakat luas yang membentuk organ relawan. Baik individu maupun kelompok yang ingin berperan aktif dalam pemenangan Capres Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presidennya di Pilpres 2024. 

"Tim Koordinasi akan fokus tugas pendataan, supporting system dan data, fasilitasi," tuturnya.

Dia menyebut, komunikasi dan sinergi antar partai pengusung dan relawan, antar sesama organ relawan dan antar organ relawan dengan pasangan Capres-Cawapres bakal dilakukan. Hal ini untuk memastikan agar semua elemen partai pengusung dan pendukung Ganjar dan cawapresnya bergerak serta bekerja secara bergotong royong dan efektif.

"Dan, dapat memastikan kemenangan Ganjar Pranowo untuk memastikan keberlanjutan pembangunan nasional oleh Presiden Joko Widodo," ujarnya.

Sementara, Basarah menyebut sebanyak 457 organisasi yang sudah mendaftar sebagai relawan Ganjar Pranowo. Angka tersebut, kata Basarah masih di luar dari data organisasi relawan yang mendukung Presiden Jokowi.

"Berdasarkan data pendaftaran organ relawan yang masuk ke data base TKRPP-PDI Perjuangan pertanggal 11 Mei 2023 pukul 17.00 WIB sebanyak 457 organ relawan. Data tersebut masih di luar data ratusan organ relawan pendukung Presiden Joko Widodo yang akan bertransformasi mendukung Ganjar Pranowo," kata Basarah.

Dia bilang dijadwalkan akan ada pertemuan akbar antara relawan pendukung Jokowi dengan Ganjar.

"Terkait dengan hal tersebut, akan diselenggarkan pertemuan akbar antara relawan Pendukung Presiden Joko Widodo bersama Capres Ganjar Pranowo," tuturnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya