Soal Kandidat Cawapres Anies, JK Sebut AHY Punya Kemampuan

Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berkunjung ke kediaman Jusuf Kalla
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana

VIVA Politik – Mantan Wakil Presiden RI, Yusuf Kalla atau JK mengatakan, bahwa nama Agus Harimurti Yudhoyono punya kemampuan jika harus mendampingi Anies Baswedan yang telah diusung menjadi Bakal Calon Presiden (Bacapres) tahun 2024 dari Partai Nasional Demokrasi (Nasdem).

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Sejumlah nama diketahui telah digadang-gadang menjadi Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) Anies Baswedan. Salah satu nama yang digadang bakal mendampingi Anies yakni Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

"Kalo pak AHY pasti mempunyai kemampuan untuk itu (jadi bacawapres Anies)," ujar Yusuf Kalla di rumahnya pada Senin 15 Mei 2023 malam.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berkunjung ke kediaman Jusuf Kalla

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

Namun demikian, JK menjelaskan bahwa semua kewenangan tetap ada pada partai politik hingga koalisi partai masing-masing demi menyodorkan sejumlah nama Bacapres-Bacawapres. "Kalo secara teknis secara ideal itu adalah kewenangan dari pada koalisi dan capres," kata JK.

Jusuf Kalla Puji Cara Prabowo Subianto Rangkul Lawan Politiknya

"Tentu di sini pertimbangannya saya di luar itu kan kewenangan dari parpol koalisi sendiri dan juga capres," imbuhnya.

AHY bersama sang istri Annisa Pohan dan Sekertaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya melakukan kunjungan ke rumah Yusuf Kalla di Jalan Brawijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin malam.

Sebelumnya, Partai Demokrat, masih berharap Ketua Umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY ditunjuk jadi cawapres mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024. Demokrat sejak awal penjajakan Koalisi Perubahan menyodorkan AHY jadi calon RI-2.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Teuku Riefky mengatakan, pihaknya saat ini tak bakal memaksa jika AHY tidak dipilih Anies. Menurut dia, yang penting, sosok cawapres tersebut bisa memenangkan eks Gubernur DKI Jakarta itu di 2024. Ia bilang hal itu harus dijadikan semangat.

"Kalau harapan tentu dari awal kan, Demokrat berharap. Tapi, kembali karena ada semangat yang lebih besar yaitu tidak hanya mengantarkan mas Anies. Tetapi juga harus memenangkan Pilpres," kata Riefky, Jumat 24 Maret 2023.

Dia mengatakan, Demokrat bakal menyerahkan penentuan cawapres kepada Anies. Dia berharap sosok cawapres yang mendampingi Anies bisa memenuhi harapan publik.

"Tentu kita menyerahkan kepada capres, capres akan minta bantu tim kecil masukan terhadap figur cawapres," jelas Wakil Ketua Komisi I DPR tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya