Survei Indikator Politik: Ganjar-Sandiaga Tertinggi di Simulasi Pasangan Capres-Cawapres

Menparekraf Sandiaga Uno dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik – Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terkait bakal pasangan capres dan cawapres pada Pilpres 2024. Hasilnya, pasangan Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno unggul dari pasangan Prabowo Subianto-Erick Thohir dan Anies Baswedan-Khofifah Indar Parawansa.

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

Direktur Eksekutif Indikator Politik, Burhanuddin Muhtadi mengatakan elektabilitas pasangan Ganjar-Sandiaga mencapai 37 persen. Sedangkan pasangan Prabowo-Erick sebesar 34,3 persen dan Anies-Khofifah sebesar 17,9 persen.

“Kalau Ganjar simulasi berpasangan dengan Sandiaga dapat 37 persen,” ujar Burhanuddin dalam rilis yang disiarkan secara virtual, Kamis, 18 Mei 2023.

Kehadiran Anies dan Muhaimin di KPU Tunjukkan Kedewasaan Politik meski Pahit, Menurut Pengamat

Adapun responden yang belum menjawab sebesar 10,8 persen. Lebih lanjut, Burhanuddin menyampaikan Ganjar Pranowo berada di posisi teratas dalam simulasi 19 nama.

Ganjar soal Prabowo Bakal Rangkul Lawan Politik: Saya Lebih Baik di Luar Pemerintahan 

Elektabilitas Ganjar dalam simulasi itu mencapai 29,3 persen. Sedangkan kompetitornya seperti Prabowo Subianto sebesar 24,2 persen, dan Anies Baswedan sebesar 15 persen.

“Pada simulasi 19 nama yang kita sodorkan alfabetis, dan hasilnya ganjar 29 persen,” ujarnya.

Burhanuddin menyebut tokoh lain yang ada dalam simulasi tersebut diketahui memiliki elektabilitas di bawah 5 persen. Adapun responden yang belum menjawab sebesar 12 persen.

Kemudian, Burhanuddin berkata tren dukungan terhadap Ganjar mengalami rebound pasca deklarasi capres PDI Perjuangan dan PPP.

“Ada rebound yang cukup ajeg dari 19,8 persen naik menjadi 29,3 persen,” ujarnya.

Di sisi lain, Burhanuddin berkata tokoh yang akan dipilih oleh mayoritas pemilih Joko Widodo-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2024 adalah Ganjar P ranowo. Dia menyebut jumlahnya mencapai 54,9 persen.

“Mereka yang memilih Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf ada sekitar 55,5 persen itu sebagian besar memilih Ganjar,” ujar Burhanuddin.

Survei Indikator Politik Indonesia diselenggarakan pada 30 April hingga 5 Mei 2023. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon.

Responden yang diwawancarai dengan teknik RDD sebanyak 1.200 responden. Responden dalam survei merupakan WNI yang sudah berusia 17 tahun dan memiliki telepon/cellphone. 

Margin of error survei diperkirakan kurang lebih sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen asumsi simple random sampling.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya