Din Syamsuddin Kritik Keras Pernyataan Hary Tanoe soal Etnik Tionghoa Ikut Pilihan Jokowi

Din Syamsuddin Saat Deklarasi KAMI Yogyakarta
Sumber :

VIVA Nasional –Mantan Ketua Umum Muhammadiyah, Din Syamsuddin angkat bicara menyoroti pernyataan Ketum Partai Perindo Hary Tanoe setelah bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa semua warga keturunan Tionghoa memilih Capres yang didukung Presiden Jokowi. 

Presiden Jokowi Ajak Anak Yatim Beli Baju Lebaran di Hari Terakhir Ramadan

“Pernyataan itu adalah bentuk politik identitas yang nyata (mengedepankan identitas etnik). Sebenarnya sah dan baik-baik saja, tapi tidak dalam bentuk monopolistik dan manipulatif,” kata Din Syamsuddin dalam keterangannya, Jumat, 19 Mei 2023. 

Hary Tanoesoedibjo

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Refly Harun Harap Tulisan Megawati Ilhami Hakim MK Ambil Keputusan Sengketa Pilpres

Din menuturkan, jika benar semua warga keturunan Tionghoa atau Etnik Tionghoa, memilih capres dukungan presiden, maka membenarkan dugaan adanya kelompok oligarki, dari Etnik Tionghoa, berada di balik Presiden Jokowi, dan membela kepentingan politik-ekonomi tertentu, serta menghalangi kelompok lain yang ditentang oleh Presiden Jokowi.

“Kalau tidak benar (karena ada pihak dari Etnik Tionghoa, seperti Jusuf Hamka, yang mempertanyakannya) maka pernyataan Hary Tanoe dapat dikatakan bersifat manipulatif (memanipulasi kenyataan yg sebenarnya),” kata mantan Ketum MUI tersebut. 

Jokowi Issues Presedential Decree on FATF Membership

Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo

Photo :
  • Perindo

Pada sisi lain, kata Din, pernyataan Hary Tanoe bertendensi memecah belah bangsa atas dasar ras dan etnik. Karena posisi Perindo yang dipimpin Hary Tanoe. 

“Jangan-jangan partai itu hanyalah politik kamuflase,” kata Din.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya