Prabowo Disebut Ungguli Capres Anies dan Ganjar, LSI Denny JA Ungkap Alasannya

Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan capres teratas di survei
Sumber :
  • ist

VIVA Politik – Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dikatakan menjadi salah satu Bakal Calon Presiden (Bacapres) tahun 2024 yang unggul jika Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dilakukan secara dua putaran. Hal tersebut diungkap melalui hasil survei masyarakat dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA.

Zaken Kabinet Pemerintahan Prabowo-Gibran, Bamsoet: Semua Partai Punya Orang yang Profesional

LSI Denny JA menyebutkan bahwa Prabowo layak menjadi satu-satunya capres yang lolos ke putaran kedua jika Pilpres 2024 diadakan dua putaran. Hasil survei LSI Denny JA menyatakam bahwa dadi ketiga capres yang maju nantinya maka Pilpres 2024 harus diadakan secara dua putaran.

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby mengatakan bahwa Prabowo Subianto menjadi salah satu calon presiden yang didukung sejumlah masyarakat karena menjadi sosok strong leader yang mampu tumbuhkan perekonomian di Indonesia.

Menkes Budi Respons Kabar Masuk Bursa Menteri Keuangan Prabowo

"Pertama, dari riset yang kita temukan mayoritas pemilih atau responden yang kita tanyakan memang mayoritas menginginkan capres 2024 adalah sosok yang strong leader yang mampu tumbuhkan ekonomi," ujar Adjie saat menjadi pembicara dalam acara Capres Pertama yang Lolos Putaran Kedua & Empat Isu Pilpres yang digelar LSI Denny JA secara daring, Jumat 19 Mei 2023.

Bahlil soal Jatah Menteri di Kabinet Prabowo: Tinggal Tunggu Tanggal Mainnya

"Karena kita tahu dalam perkembangan 3 tahun terakhir terjadi covid 19 yang kemudian memporak-poranda isu ekonomi. Banyak masyarakat yang merasakan kehidupannya makin sulit secara ekonomi karena covid," lanjutnya.

Adjie menjelaskan bahwa sosok Prabowo dinilai berada di dalam kategori sosok strong leader yang dibutuhkan masyarakat Indonesia.

"Dari data yang kita kumpulkan dari 3 capres memang yang asosiasi sebagai strong leader yang mampu tumbuhkan ekonomi dari 3 capres ini adalah Prabowo Subianto," kata dia.

Selanjutnya, Adjie mengungkapkan bahwa sejumlah suara dukungan terhadap Prabowo Subianto pun turut didapatkan dari suara masyarakat yang berpindah haluan dari Ganjar Pranowo.

Berdasarkan survei daei masyarakat, kata Adjie, Prabowo disebut sebagai sosok yang lebih nasionalisme dibandingkan Anies Baswedan.

"Mengapa tidak lari ke Anies? Karena nanti positioning karakter prabowo itu dilihat nasionalis dibanding Anies. Sehingga ketika pemilih lari dari ganjar, cenderung pindah ke prabwo dilihat dari karakter nasionalismya lebih kuat dibanding Anies," ucap Adjie.

Adapun alasan ketiga yang menjadikan suara Prabowo lebih unggul untuk lolos ke putaran kedua Pilpres 2024 nanti yakni, Prabowo punya pengalam lebih di pemerintahan Indonesia.

"Alasan keempat mengapa prabowo unggul, karena prabowo dinilai menjadi tokoh yang sentral yang mampu diterima di berbagai spectrum politik. Kita lihat di Indonesia spectrum politik berbeda tapi jika kita bagi secara sederhana sebetulnya dari kanan (islam ke nasionalis) ini pemetaannya sangat kiat terjadi polarisasi dalam dua pilpres 2014 dan 2019," beber Adjie.

Sebelumnya diberitakan, Dalam hal ini LSI menjelaskan bahwa jika Calon Presiden tahun 2024 resmi ada tiga nama, maka Pilpres harus dilangsungkan secara dua putaran.

Peneliti LSI, Adjie Alfaraby mengatakan bahwa nama Prabowo Subianto lah yang baru dinyatakan oleh survei masyarakat bisa lolos ke putaran kedua dalam Pilpres 2024 nantinya.

"Prabowo unggul sementara dalam survei yang kita kerjakan dan capres pertama yang potensial masuk putaran kedua," kata Adjie saat menjadi pembicara dalam acara Capres Pertama yang Lolos Putaran Kedua & Empat Isu Pilpres yang digelar LSI Denny JA secara daring, Jumat 19 Mei 2023.

"Ini adalah pertnyaan tertutup yang kita ajukan ke responden yang ditanyakan jika pilpres 2024 diadakan dengan 3 nama capres," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya