AHY Kritik Penegakan Hukum Era Jokowi: Habisi Lawan Politik, Abuse of Power

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhyono atau AHY
Sumber :
  • Demokrat

VIVA Politik –Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono menilai kalau penegakan hukum di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tajam ke bawah dan tumpul ke atas. Hal itu diungkap oleh AHY saat menghadiri Milad ke-21 PKS.

LSM Asal AS ini Diduga Ikut Campur Tangan Pemilu di Banyak Negara

"Bapak-ibu sekalian, banyak yang merasakan praktik penegakan hukum yang seolah tajam ke bawah tumpul ke atas," kata dia kepada wartawan, Sabtu 20 Mei 2023.

Ilustrasi hukum.

Photo :
  • U-Report
Denny JA: Saatnya Jalankan Politik Move On Usai Putusan MK

Penegakan hukum di Tanah Air dewasa ini dirasa tajam ke lawan namun tumpul ke kawan. Dia menegaskan kalau mengamankan kawan politik dari proses hukum merupakan obstruction of Justice atau menghalangi penegakan hukum.

"Tajam ke lawan, tumpul ke kawan. Kita tahu mengamankan kawan politik dari proses hukum adalah obstruction of justice atau menghalangi penegakan hukum," katanya.

Pasca Putusan MK, Pengamat Nilai Relasi Ini yang Bisa Membuat PDIP Gabung ke Prabowo

Lebih lanjut AHY mengatakan kalau memakai instrumen untuk menghabisi lawan politik merupakan abuse of power alias penyalahgunaan kekuasaan. Kedua hal tadi, lanjutnya, tidak seharusnya terjadi di Tanah Air.

"Sedangkan menggunakan instrumen, saya ulangi menggunakan instrumen hukum untuk menghabisi lawan politik namanya abuse of power, penyalahgunaan kekuasaan," kata dia lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya