Anies Cerita Ada Petani di Grobogan Keluhkan Masalah Pupuk

Calon Presiden Anies Baswedan Hadiri Milad PKS ke-21
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan mengatakan, pupuk masih menjadi satu persoalan yang sulit dikeluhkan para petani di pelosok daerah.

Pemudik Harus Hati-hati, Ada 19 Perlintasan Kereta Api di Brebes Tanpa Palang Pintu 

Hal tersebut diungkap Anies saat menghadiri acara Temu Kebangsaan Relawan Anies Baswedan di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat pada Minggu, 21 Mei 2023. Ribuan relawan pendukung Anies hadir dalam acara tersebut. 

Mulanya, Anies menceritakan pertemuan dirinya dengan seorang petani bernama Suwarto saat berkunjung ke daerah Grobogan, Jawa Tengah. Saat itu, Suwarto tengah memberikan pupuk di lahan pertaniannya.

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

"Ketemu Pak Suwarto, salaman dan ketika salaman Saya merasakan, melihat tangannya sedang kalau bahasa Jawa itu lagi rabuk, itu lagi memberi pupuk. Saya tanya, 'Bagaimana pak kondisi di sini? Ya biasa mas, dari dulu ya begini'," ucap Anies menirukan omongan Suwarto di depan ribuan relawan, Minggu, 21 Mei 2023.

Otto Hasibuan Klaim Pemilu 2024 Paling Damai, Bukan Paling Buruk

Kemudian, Anies menyebut obrolan dirinya dengan Suwarto semakin panjang hingga pada akhirnya membahas masalah pupuk. Kata dia, Suwarto sempat mengeluhkan sulitnya mendapatkan pupuk saat ini. 

"Beliau bilang, 'Pak, saya ngerepotin, urusan pupuk, rabuk pak yang paling angel. Arep rabuk ono sing, rabuk subsidi, rabuk non-subsidi, ora koyok jaman mbien. Jaman mbien tinggal ning warung, nggowo ember langsung iso tuku rabuk. Saiki, arep neng warung ditakoni pak, jenengan non-subsidi atau subsidi," tuturnya.

"Terus, beliau bilang, 'Wong koyok awake dewek moso iso bayar non-subsidi, ya mesti subsidi," sambung Anies. 

Anies kemudian bertanya ke Suwarto, bagaimana jika nantinya pupuk dikembalikan seperti sedia kala. Tidak dijelaskan bagaimana jawaban yang disampaikan Suwarto saat itu. 

"Sudah selesai ngobrol, saya sebelum pamit, saya memperkenalkan diri, 'Kulo Anies Baswedan'. Selama ngobrol dia enggak tahu dengan siapa, jadi pas saya bilang 'Kulo Anies Baswedan, ditanya, Anies Baswedan Gubernur DKI? Iya, Gubernur DKI'," tuturnya.

Kata dia, Suwarto sempat kaget dan heran mengapa Anies Baswedan bisa sampai turun langsung ke wilayah Grobogan dan bertemu dengan para petani. Kendati begitu, Anies mengaku banyak menerima pesan-pesan dari Suwarto sebelum dirinya meninggalkan Grobogan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya