Anies Baswedan Isyaratkan Cawapresnya Bisa Perempuan

Anies Baswedan menghadiri Rakernas PKS di Hotel Sultan.
Sumber :
  • Dok. PKS

VIVA Politik – Bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan, mengaku sudah mengantongi nama bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya pada pemilu presiden tahun 2024. Kendati begitu, dia enggan mengumumkan nama sosok tersebut..

Megawati Masih Rutin Bertemu Ganjar-Mahfud Usai Pilpres 2024, Bahas Apa?

"Sabar, pokoknya namanya sudah ada di kantong," kata Anies usai menghadiri acara Temu Kebangsaan Relawan di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta, Minggu, 21 Mei 2023.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu juga menolak membocorkan kriteria nama cawapres yang sudah dikantonginya itu. Ia berdalih akan mengumumkan sosok cawapres itu sebagai kejutan untuk publik maupun lawan politiknya kelak.

Sebut Pemilu Hampir Selesai, Tito Karnavian Serukan "Kita Move On"

Gubernur Jatim Khofifah dan Anies Baswedan (Saat Menjabat Gubernur DKI Jakarta)

Photo :
  • VIVA / Nur Faishal (Surabaya)

"Kalau dikasih kriteria sekarang, kemudian enggak jadi lagi kejutan dong--biar ada efek kejutnya," katanya.

Menteri Bahlil: Politik Sudah Selesai, Harus Saling Memaafkan

Koalisi Perubahan dukung Anies Baswedan sudah tandatangani piagam kesepakatan.

Photo :
  • istimewa/Edwin Firdaus
 

Saat kembali disinggung apakah cawapresnya itu laki-laki atau perempuan, Anies juga tidak menjawab. Ia hanya menjelaskan, persoalan cawapres itu masih didiskusikan dalam Koalisi Perubahan. "Bisa laki-laki, bisa perempuan," pungkasnya. 

Mahfud MD hingga Khofifah

Sejumlah nama menteri di kabinet Indonesia Presiden Joko Widodo masuk dalam bursa nama cawapres Anies Baswedan yang dibahas bersama Partai Nasdem, PKS, dan Partai Demokrat dalam Koalisi Perubahan. Total ada 10 nama potensial.

Beberapa nama yang intensif dibahas, di antaranya Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menkopolhukam Mahfud MD, Menparekraf Sandiaga Uno, mantan gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Anies Baswedan Calon Presiden Partai Nasdem di HUT Nasdem

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Kita bahas di koalisi dulu kandidat kandidatnya, banyak, semua tokoh bangsa, sampai sepuluh [orang] sih: Mahfud MD masuk, Khofifah masuk, Sandi (Sandiaga Uno) masuk, Aher (Ahmad Heryawan) masuk, (Cak Imin, Airlangga) semua yang punya potensi masuk," ujar Jazuli Juwaeni, Ketua Fraksi PKS DPR RI, kepada wartawan usai Halalbihalal PKS Cilegon, Minggu, 21 Mei 2023.

Nama calon pendamping Anies Baswedan tengah digodok tiga partai koalisi untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya, termasuk mengetahui elektabilitasnya. Nama-nama tersebut akan dibawa ke Anies untuk dibahas kembali. Namun penentuan nama cawapres sepenuhnya diserahkan ke Anies.

Bahkan Anies Baswedan juga sudah menyodorkan beberapa nama cawapres ke tiga parpol koalisi untuk dibahas bersama-sama. "Kan diserahkan ke Anies, kita lagi godok terus, Anies mengusulkan nanti kita bahas tiga partai, di mana catatannya. [Anies menyodorkan nama cawapres] ada beberapa nama, tapi perlu didalami," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya