Petinggi PDIP: PPP Sudah Pasti Meninggalkan KIB Gitu Loh

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berswafoto dengan Plt Ketua Umum PPP Mardiono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Sekjen PPP Arwani Thomafi usai melakukan pertemuan di kantor pusat PDIP, Jakarta, Minggu, 30 April 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Galih Pradipta

VIVA Politik – Elite PDI Perjuangan (PDIP) melalui Ketua DPP Badan Pemenangan Pemilu, Bambang Wuryanto atau akrab disapa Bambang Pacul menyebut PPP telah meninggalkan Partai Golkar dan PAN dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Sinyal Siap Lawan Menantu Jokowi, Ijeck: Kita Mau Bersaing Secara Sehat

Dia mengatakan, PPP sudah pasti melakukan pertemuan atau berembuk dengan Golkar dan PAN untuk membahas keberlanjutan KIB.

"Sudah pasti rembukan dia. Ya sudah pasti (meninggalkan) karena kan PPP udah ke PDIP. Sudah pasti meninggalkan KIB. Kalau kerja samanya dalam bentuk capres dan cawapres udah pasti meninggalkan kan gitu loh," kata Bambang Pacul kepada wartawan, Kamis, 25 Mei 2023.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Koalisi Indonesia Bersatu KIB

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dia juga mengatakan, PPP sudah menjalin kerja sama dengan PDIP dalam mendukung Ganjar Pranowo sebagai bakal capres 2024. Dengan demikian, menurutnya nanti Puan Maharani punya peran penting karena sudah ditunjuk Megawati Soekarnoputri sebagai ketua tim sukses pemenangan Ganjar Pranowo.

Ijeck dan Bobby Nasution Bertemu di Jakarta Bahas Pilkada Sumut 2024, Ini Hasilnya

"Nah, bentuk kerja samanya tentu dirumusin bahwa PPP punya keinginan cawapres kan juga pasti disampaikan, kan diskusi," kata Bambang Pacul.

Dia bilang soal Puan jadi komandan pemenangan Ganjar sudah dibicarakan dengan petinggi PPP.

"Kemudian setelah itu gimana cara kerjanya kan juga disampaikan oleh Rommy (Ketua Majelis Pertimbangan PPP Romahurmuziy) waktu itu. Untuk pemenangan capres-cawapres itu kan nanti kepada Mbak Puan diskusinya kan gitu kan," ujar Bambang.

Sebelumnya, PPP angkat suara soal kemungkinan akan hengkang dari KIB usai manuvernya dengan dukung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai bakal capres di Pemilu 2024. 

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengatakan KIB sudah melakukan perembukan mengenai capres yang bakal diusung dalam Pemilu 2024. 

Namun, ia menekankan dari ketiga partai yang tergabung dalam KIB, hanya PPP yang baru menyatakan dukungannya kepada Ganjar. Dia mengatakan KIB dapat memilih langkah untuk bergabung bersama PDIP, jika memang ketiga partai dalam KIB sepakat dukung Ganjar.

"Nah, tiga ketum partai ini berembuk di KIB, ternyata kemudian capresnya sama, ya tidak menutup kemungkinan KIB juga bergabung dengan koalisi PDIP. Sebab, disampaikan oleh Pak Airlangga, KIB plus-plus," kata Awiek, sapaan akrabnya, Minggu 30 April 2023.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya