Sekjen Gerindra: Pak Prabowo dan Pak Jokowi Beri Contoh Pentingnya Mengutamakan Persatuan

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik – Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengingatkan agar perbedaan politik tidak menjadi sumbu perpecahan di tengah masyarakat dalam momentum menghadapi Pemilu 2024.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

“Itu pesan saya. Jadi jangan ada kisruh atau 'gontok-gontokan' karena itu akan berakibat buruk pada masa yang akan datang. Para ulama dan kiai sudah susah payah menjaga persatuan ini,” kata Muzani dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat, 26 Mei 2023.

Hal tersebut disampaikan saat menyerahkan bantuan berupa ambulans kepada Universitas Islam An Nur dan kendaraan operasional Lazis NU kepada Nahdlatul Ulama (NU) Pringsewu, Lampung, Kamis.

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

Presiden Jokowi mengajak Prabowo selfie bersama wartawan di Istana, Jumat, 11 Oktober 2019.

Photo :
  • VIVAnews/Agus Rahmat

Menurut dia, persatuan dan persaudaraan mesti tetap terjaga terlepas dari pilihan politik yang berbeda. “Kita harus jaga persatuan 'ukhuwah islamiyah' kita, persaudaraan kita, dan kegotongroyongan kita. Itu adalah nilai luhur kita semua yang harus dijaga bersama," ujarnya.

PKB dan PKS Sepakati Koalisi di Pilkada Serentak 2024, Khususnya di Jateng dan Jatim

Anggota Komisi II DPR RI itu menilai bahwa persatuan sangat penting dalam pembangunan suatu negara, di mana dengan persatuan maka perdamaian bisa tercipta yang menciptakan suasana kondusif dalam bermasyarakat.

"Itulah mengapa kita sebagai warga Indonesia sangat bersyukur bahwa persatuan, persaudaraan, dan kebersamaan di negara kita bisa terjaga dengan baik," katanya.

Dia mencontohkan negara-negara yang tidak mampu menjaga persatuannya kemudian tidak dapat membangun peradaban secara baik. "Sekarang di Sudan semua aktivitas ditutup karena ada peperangan di sana. Warga negara asing termasuk seluruh WNI saat ini dievakuasi karena suasananya sangat kacau dan tidak aman," katanya.

Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Tinjau Kapal Selam Alugoro

Photo :
  • Agus Suparto/Fotografer Presiden

Terlebih di level masyarakat, kata dia, dibutuhkan waktu untuk dapat bersatu kembali akibat perbedaan pilihan politik. Ini tak seperti integrasi di level elite politik yang menurutnya mudah sekali untuk bersatu kembali.

"Pak Prabowo dan Pak Jokowi telah memberi contoh tentang pentingnya mengutamakan persatuan demi keutuhan bangsa dan negara,” kata Sekretaris Jenderal Partai Gerindra itu.

Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Lampung II itu berharap konstituennya dapat menjaga suasana kondusif di tengah masyarakat dalam konteks menghadapi tahun politik saat ini.

"Suasananya kadang hangat, kadang adem. Sebagai orang yang berilmu, saya berharap pemberitaan apa pun nantinya, ibu dan bapak dan semua adik-adik bisa mengambil pelajarannya dengan baik,” ucap dia.

Di samping soal persatuan, Muzani mengingatkan agar masyarakat tidak menjadi golongan putih atau golput pada Pemilu 2024. “Karena golput itu menunjukkan kita tidak memiliki keberpihakan atas hak kita sendiri, begitu pun partai politik,” ujarnya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya