Elite Golkar Sebut Airlangga Bakal Ketemu Zulhas Sepulang dari Amerika, Bentuk Poros Keempat?

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia
Sumber :
  • VIVA/Ilham

VIVA Politik – Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia mengatakan Airlangga Hartarto bakal bertemu dengan Zulkifli Hasan (Zulhas) sepulangnya mereka dari Amerika. Adapun pertemuan mereka dikaitkan dengan pembentukan koalisi poros keempat di Pemilu 2024 mendatang.

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

"Kan hari ini pak Airlangga dan pak Zul sedang di Amerika dan memang pulang dari sana akan ada pertemuan lagi antara pimpinan Golkar dan PAN," kata Doli kepada wartawan di DPP Golkar, Minggu, 28 Mei 2023.

Doli menyebut Partai Golkar membuka peluang untuk melakukan komunikasi dengan partai politik lainnya termasuk PAN. Golkar juga akan mengkaji nilai-nilai politis dari partai politik lain.

Kembali Mencuat, Golkar Tak Ingin Berandai-andai Soal Kabar Jokowi Gabung

"Tapi kan kita masih terus melakukan kajian sampai pada chapter terakhir dan masing-masing parpol nilai menunjukkan sikapnya masing-masing. Tentu kami membangun komunikasi dengan partai politik lain," katanya.

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Sebagai informasi, Di tengah perbincangan hangat mengenai paket capres-cawapres serta koalisi parpol jelang Pilpres 2024, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan melakukan pertemuan di Amerika Serikat usai pertemuan tingkat menteri APEC. Momen pertemuan kedua tokoh tersebut tampak santai dan akrab.

Seiring mendekati pendaftaran Capres-Cawapres yang ditetapkan KPU, wacana duet antara kedua tokoh tersebut kemudian muncul. Menanggapi peluang duet dengan Zulkifli Hasan, Airlangga mengatakan Golkar dan PAN jika berkoalisi sudah mendapat satu tiket untuk pencapresan.

“Kami memang sejak lama bersama-sama kuat dan yang paling penting punya tiket. Kami sejak awal di KIB. Komunikasi sangat baik dan guyub.” Kata Airlangga yang dikutip Jumat, 26 Mei 2023.

Ditanya soal kemungkinan berpasangan dengan Zulhas pada Pilpres 2024 mendatang, Airlangga melempar senyuman. 

“Saya dan Pak Zul punya hubungan yang sangat baik. Kami sering komunikasi, bertukar pikiran, mencari solusi terbaik untuk berbagai persoalan bangsa ini. Di kabinet, saat ini kami sama-sama di bidang ekonomi.” Ujar Menko Perekonomian itu.

Senada dengan itu, Mendag Zulhas menuturkan kecocokannya selama ini bekerjasama dengan Menko Ekonomi Airlangga. “Hubungan kami berdua sangat panjang dan dekat. Chemistry-nya selalu positif dan saling menguatkan dalam kerja, baik politik maupun pemerintahan.” Katanya.

Duet Airlangga-Zulhas mencuat di tengah sulitnya utak-atik pasangan capres-cawapres dari nama-nama kuat yang saat ini tengah beredar. Wacana duet itu disambut positif baik oleh Golkar maupun PAN. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya