Mahfud MD, Kapolri dan Panglima TNI Gelar Rakornas Guna Sukseskan Pemilu 2024

Menko Polhukam Mahfud MD
Sumber :
  • tvOne/Veros Afif

VIVA Politik – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD bersama dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Yudo Margono, menggelar Rapat Koordinasi (Rakornas) Sinergitas Pemerintah Dalam Menjaga Stabilitas Politik dan Keamanan untuk menyukseskan Pemilu Tahun 2024.

AHY Wanti-wanti Prabowo Usai Bertemu Cak Imin

Rakornas tersebut digelar di salah satu hotel di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, pada Senin, 29 Mei 2023.

Dalam sambutannya, Mahfud MD mengatakan masih banyak masalah menyangkut kepemiluan yang harus diselesaikan. Mengingat, waktu Pemilu 2024 sudah kurang dari 10 bulan lagi.

Beri Selamat ke Prabowo-Gibran, Perindo Sampaikan 4 Sikap

"Terkait dengan akan dilaksanakan pemilu 2024 beserta isu lain yang mungkin sensitif untuk mempengaruhi pemilu. Hampir dapat dipastikan, Pemilu akan diselenggarakan tahun 2024 yaitu berarti kira-kira kurang 10 bulan dari sekarang," kata Mahfud di Jakarta Selatan, Senin, 29 Mei 2023.

Pengamat sebut Hadirnya Anies dan Muhaimin di KPU Beri Legitimasi Hasil Pemilu

Mahfud juga menyebutkan beberapa masalah yang akan dihadapi menjelang Pemilu, yaitu salah satunya sistem pemilih. Diketahui, Mahkamah Konstitusi (MK) akan menentukan Indonesia bakal menggunakan sistem proporsional terbuka atau tertutup dalam Pemilu 2024.

"Ada beberapa masalah yang harus diselesaikan, kenapa saya katakan hampir 100%, ya Pemilunya sudah pasti 2024, tapi Ada beberapa isu krusial, misalnya masalah sistem pemilih, apakah akan terbuka atau tertutup. Mungkin seminggu ke depan MK akan menggelarkan vonis tentang itu," katanya. 

Adapun, Mahkamah Konstitusi (MK) sudah mengumumkan sidang pemeriksaan JR soal sistem pemilu telah selesai dilaksanakan. 

Dalam waktu dekat, MK rencananya akan memutuskan nasib sistem Pemilu 2024, apakah menggunakan tetap proporsional terbuka atau kembali proporsional tertutup.

“Ini adalah sidang terakhir,” kata Wakil Ketua MK, Saldi Isra dalam sidang terbuka yang disiarkan chanel YouTube MK.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya