LSI Denny JA: Jabar, Sumut, dan Banten Jadi Lumbung Suara Prabowo di Pilpres 2024

Ketua Umum PKB Cak Imin dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Jombang.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik – Tiga provinsi di Indonesia yakni Jawa Barat, Sumatera Utara dan Banten disebut jadi lumbung suara terbesar untuk bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto. Hal itu jadi temuan terbaru hasil Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA.

Terbuka untuk Bertemu, Anies Sebut Prabowo Bukan Musuh tapi Lawan

Direktur LSI Denny JA, Ardian Sopa menjelaskan hasil temuan terbaru survei pihaknya terkait pertarungan Pilpres 2024. Survei itu digelar selama periode 3-14 Mei 2023 dengan melibatkan 1.200 responden.

Ardian awalnya mengatakan ada lima provinsi terbesar di Indonesia dengan jumlah populasi mencapai 57,6 persen. Lima provinsi yang dimaksud ialah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara dan Banten. 

Heikal Nilai Putusan MK Juga Sebagai Alat Rekonsiliasi Usai Pilpres 2024

Menhan Prabowo Subianto silaturahmi bersama purnawirawan Polri

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

LSI kemudian melihat dukungan suara dari masyarakat yang berada di lima provinsi tersebut kepada tiga bakal capres di Pilpres 2024. Tiga figur bakal capres itu antara lain, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Hasilnya, untuk wilayah Jawa Barat, Prabowo Subianto mengungguli Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

LSM Asal AS ini Diduga Ikut Campur Tangan Pemilu di Banyak Negara

"Dilihat dari sini, di Jawa Barat, Pak Prabowo masih unggul sama seperti di Pilpres sebelumnya mendapat dukungan 29,0 persen. Kemudian Pak Ganjar 15,0 persen dan Pak Anies 26,3 persen," kata Ardian dalam konferensi pers, Senin, 29 Mei 2023.

"Jika dilihat dari sini perbedaan Pak Prabowo dengan Pak Anies tidak terlalu jauh, 29 persen dan 26 persen. Tapi, memang Jawa Barat ini masih menjadi lumbung suara dari Pak Prabowo," lanjut Ardian.

Untuk provinsi Jawa Timur, sosok Prabowo meraih dukungan 20,2 persen, Ganjar Pranowo 35,3 persen, Anies Baswedan 8,2 persen. Dengan demikian, Jawa Timur jadi lumbung suara dari Ganjar Pranowo.

Begitu juga dengan Jawa Tengah. Lagi-lagi Ganjar Pranowo unggul dari Prabowo dan Anies Baswedan dengan meraih suara dukungan 55,2 persen. Prabowo Subianto hanya meraih 20,4 persen suara dan Anies 4,3 persen di Jawa Tengah.

"Masih ada 20 persen yang belum memutuskan. Tapi lebih dari separuh masyarakat di Jawa Tengah yang sudah punya hak pilih itu memilih Pak Ganjar Pranowo," tuturnya. 

Sementara, di Sumatera Utara, dukungan suara terbanyak diraih oleh Prabowo Subianto dengan total 50 persen. Disusul Anies Baswedan dengan 32,6 persen dan Ganjar Pranowo 16,2 persen suara di Sumatera Utara. 

"Kemudian provinsi Banten ini juga unggul Pak Prabowo, unggul lumayan kuat 48,2 persen. Pak Ganjar 4,3 persen dan Pak Anies 17,5 persen. Jadi, dari 5 teritorial ada 5 provinsi terbesar yang kita amati. Itu Prabowo menang di tiga provinsi, Jawa Barat, Sumatera Utara dan Banten," jelas Ardian.

Sedangkan sosok bakal capres dari PDIP Ganjar Pranowo hanya menang di dua provinsi yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur. Diyakini, Jawa Tengah dan Jawa Timur menjadi lumbung suara dari Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 mendatang. 

Survei LSI Denny JA terbaru ini digelar pada 3 hingga 14 Mei 2023 dengan melibatkan 1.200 responden. Sampel survei LSI Denny JA diambil dengan metode multistage random sampling.

Metode survei dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Adapun margin of error survei +/- 2,9 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya