8 Pimpinan Fraksi DPR Rapat Sore Ini Bahas Isu MK Bakal Ubah Sistem Pemilu 2024

Waketum Golkar Ahmad Doli Kurnia dan Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi.
Sumber :
  • Dok. Golkar

VIVA Politik – Pimpinan dari 8 fraksi partai politik minus PDI Perjuangan di DPR RI melakukan pertemuan pada sore ini menyusul adanya informasi yang menyatakan Mahkamah Konstitusi (MK) akan mengabulkan uji materi dengan memutuskan Pemilu 2024 menggunakan sistem proporsional tertutup. 

AHY Wanti-wanti Prabowo Usai Bertemu Cak Imin

Ketua Komisi II DPR dari Fraksi Golkar Ahmad Doli Kurnia membenarkan pertemuan tersebut. Delapan fraksi itu dihadiri oleh masing-masing ketua fraksi. 

"Ya kami bertemu membahas ya kan ini menghangat lagi nih soal isu terbuka tertutup gitu kan. Saudara Denny Indrayana kan mendapatkan informasi, katanya hakim konstitusi sudah memutuskan begitu, nah makanya kami tadi kumpul, jam empat kami mau presscon," kata Doli di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta,  Selasa, 30 Mei 2023.

Pengamat sebut Hadirnya Anies dan Muhaimin di KPU Beri Legitimasi Hasil Pemilu

Doli belum mengetahui, apa saja yang akan disampaikan delapan fraksi pada konferensi pers sore ini. Namun, ia hanya memastikan sikap delapan fraksi tetap konsisten menolak sistem proporsional tertutup.

"Kami tetap konsisten mendukung bahwa Pemilu 2024 ini harus terlaksana dengan sistem terbuka dan kemudian saya berkeyakinan bahwa 9 hakim konstitusi itu masih berpikir jernih, punya hati nurani, kemudian objektif melihat realitas," kata Doli.

Surya Paloh Pikir-pikir Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

Diketahui, 8 fraksi itu yakni Partai Golkar, Partai Nasdem, Gerindra, PKB, Partai Demokrat, PKS, PAN, dan PPP. Hanya PDIP yang menginginkan sistem pemilu proporsional tertutup dari fraksi yang ada di Senayan saat ini. 

Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengusung Imam Budi Hartono sebagai Cawalkot Depok

Resmi! PKS Usung Imam Budi Hartono Jadi Bakal Calon Wali Kota Depok

DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyetujui untuk merekomendasikan Imam Budi Hartono sebagai bakal calon Wali Kota Depok pada Pilkada serentak 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024